Home » Berita Foto » Nilai UAS Pengaruhi Kelulusan UN

Nilai UAS Pengaruhi Kelulusan UN

Nilai
Hari kelima Pelaksanaan Ujian sekolah (US) tingkat SMA, SMK, dan Sederajat Berjalan Lancar. Di Karawang Jawa Barat. 

KARAWANG,sidaknews.com– Hari kelima pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tingkat SMA,SMK, sederajat di Karawang Jawa Barat berjalan aman dan lancar. Siswa sudah bersiap-siap masuk kelas sejak tiga puluh menit sebelum pelaksanaan US yang dimulai pukul 07.30 wib.

Menurut Kepala SMKN Pertanian Karawang Sartoyo, di sekolahnya US diikuti sebanyak 61 siswa dan 60 siswa hadir dan satu tidak ikut karena meninggal kecelakaan. Sedangkan peserta US di SMKN 1 Karawang sebanyak 781 siswa, “Bagi yang tidak hadir pada pelaksanaan US hari ini, akan mengikuti US susulan yang akan berlangsung pada Senin 24 Maret 2014 mendatang,” ujar Sartoyo.

Menurut Sartoyo, nilai US ikut menentukan kelulusan siswa. Sebab nilai akhir kelulusan dihitung dari komposisi 60 persen nilai UN dan 40 persen nilai US. Sedangkan komposisi nilai US terdiri atas 70 persen nilai rapot dan 30 persen nilai US. “Jadi prosesnya diikutsertakan dan turut menentukan kelulusan,” katanya.

Menurutnya, proses anak belajar sejak semester satu sampai semester lima diikutsertakan dan direrata lalu kemudian digabungkan dengan nilai UN. Cara ini sangat membantu siswa dan proses belajar siswa selama tiga tahun.

Sartoyo menambahkan, nilai UN penting untuk pemetaan sekolah. Dari hasil UN dapat diketahui pelajaran apa saja yang nilainya jelek di suatu sekolah, sehingga sekolah tersebut nantinya dapat mengevaluasi dan memperbaiki nilai yang kurang bagus tersebut.

“Intinya, proses belajar dihargai tetapi pemetaan sekolah atas nilai yang diperolehnya dari UN juga dapat diketahui,” imbuhnya.(ega nugraha)

Check Also

img-20170117-wa0053

Pilkada Gubernur Lebih Menarik bagi Warga Aceh Tengah

Takengon, sidaknews. com – Pemilihan Kepala Daerah serentak pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang tinggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>