Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Nurdin Basirun: Gading Sari akan menjadi ikon wisata Pantai di Kundur

Nurdin Basirun: Gading Sari akan menjadi ikon wisata Pantai di Kundur

Ikon Pulau Kundur, Bupati Karimun Canangkan Wisata Pantai Gading
Ikon Pulau Kundur, Bupati Karimun Canangkan Wisata Pantai Gading. (Foto:HK)

Tanjungbatu,Sidaknews.com – Pembangunan areal wisata Pantai Gading merupakan program dari pemerintah Kecamatan Kundur dan dalam hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

Sehingga PT BNI 46 Persero TBK pun dengan sukarela membantu pemerintah dan ikut membangun beberapa fasilitas melalui dana CSR. Yang kemudian berkolaborasi dengan anggaran dari Kecamatan Kundur dalam melengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

Pencanangan kawasan wisata Pantai Gading di Kelurahan Gading Sari, Kecamatan Kundur, sebagai destinasi wisata di Kabupaten Karimun.Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan Tugu Durian, Minggu (21/12) oleh Bupati karimun H.Nurdin Basirun.

Kelurahan Gading Sari baru berusia satu tahun, tapi ternyata memiliki berbagai macam potensi wisata, mulai dari agro wisata yang terkenal dengan buah Durian Gading, kemudian wisata pantai dan wisata kuliner.kata Nurdin dengan bersemangat.

“Pencanangan ini salah satu upaya kita membangun daerah. Dengan pencanangan, anak tempatan jangan hanya berpangku tangan, contohlah masyarakat Gading Sari yang membantu pemerintahnya membangun daerah sendiri,” ucap Nurdin.

Tugu yang dibangun sekitar pinggir Pantai Gading itu nantinya menjadi icon bagi Kelurahan Gading Sari dan Pulau Kundur umumnya yang merupakan penghasil durian terbesar di wilayah Kepulauan Riau.

Dalam kesempatan itu Camat Kundur, Sukari mengatakan, dengan dibangunnya Tugu Durian tersebut tentunya menjadi identitas dan ciri khas masyarakat setempat yang telah menjadi ikon yang cukup terkenal se-Provinsi Kepri bahkan manca negara.

“Kita harus ingat sejarahnya, durian ini awalnya ada di Gading yang baru setahun dimekarkan dari Kelurahan Tanjung Batu Kota. Walaupun sekarang di Kecamatan lain sudah ada dan mulai banyak, bisa kita adu kualitas dan cita rasa durian dari Gading ini. Dimana-mana orang Kepri kenalnya Durian Gading,” terangnya.

Guna menunjang kawasan wisata itu, lanjutnya, tahun depan akan dibangun jalan pinggir pantai menuju Desa Lubuk panjangnya sekitar hampir tiga atau empat kilometer. Disana ada Pantai Lubuk yang sangat bagus pelan-pelan kita bangun Kundur ini jadi kawasan wisata yang lebih baik dari sekarang dengan konsep menyatukan Pantai Gading dengan Pantai Lubuk.

Pembangunan areal wisata Pantai Gading merupakan program dari pemerintah Kecamatan Kundur dan dalam hal ini menjadi daya tarik sehingga PT BNI 46 Persero TBK pun dengan sukarela membantu pemerintah dan ikut membangun beberapa fasilitas melalui dana CSR. Yang kemudian berkolaborasi dengan anggaran dari Kecamatan Kundur dalam melengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Karimun Suryaminsyah, para Camat se-Pulau Kundur, Uspika se Pulau Kundur dan tokoh masyarakat.

Di kesempatan yang sama, Lurah Gading Sari, Persada mengatakan, pembangunan taman dan berbagai macam fasilitas di Gading Sari merupakan program yang memiliki visi ke depan untuk menaikkan citra daerah. “Gading Sari ini memang kelurahan baru dan masih muda, masih banyak yang perlu kita bangun.

Tentunya dengan dimulainya pembangunan areal wisata ini kami yakin Gading Sari siap bertransformasi menjadi daerah yang lebih baik,” ucapnya.

Untuk tahap awan lahan yang akan dibangun adalah milik warga yang telah dihibahkan kepada pemerintah dalam hal ini Kecamatan Kundur untuk pembangunan pencanangan kawasan wisata.

Di sekitar pantai nantinya akan dibangun sekitar 10 buah kios untuk usaha kecil masyarakat setempat. Yang Jadi nantinya masyarakat bisa mulai berjualan di area pinggir pantai sehingga kawasan ini menjadi lebih ramai pengunjung dan bisa membantu menaikkan pemasukan bagi masyarakat setempat. (Eflinaldi Udo)

Check Also

Salah satu Sertifikat praktek kerja industri.

Siswa SMKN 1 Malili Lulusan 2016 Masih Ada Yang Belum Menerima Ijazah

Lutim, sidaknews.com – Beberapa siswa SMKN 1 Malili tahun ajaran 2016 lalu, tidak menerima ijazah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>