Home » Berita Foto » Oknum Dewan “Penyabu” Dilimpahkan ke Kejaksaan

Oknum Dewan “Penyabu” Dilimpahkan ke Kejaksaan

Arif Jumana
Arif Jumana (kemeja putih) ketika dicecar sejumlah pertanyaan oleh wartawan usai proses pelimpahan tahap II di halaman Kejari Tanjungpinang, Selasa (6/1). Foto: Rindu Sianipar

Tanjungpinang, sidaknews.com – Berkas perkara (BAP) oknum anggota DPRD Kabupaten Bintan, Arif Jumana yang menjadi tersangka kasus dugaan penyalahgunaan narkoba dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Selasa (6/1).

Pantauan di lapangan, pelimpahan tahap II ini terlihat Arif ditemani tiga petugas terdiri dari anggota Satnarkoba Polres Bintan dan seorang petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kepri.

Selain Arif, penyidik juga melimpahkan berkas dua tersangka lainnya, Serliyuni dan Sugiartini yang merupakan dua karyawati di perusahaan milik Arif.

Pelimpahan berkas perkara ketiganya diterima langsung Kasipidum Kejari Tanjungpinang, Ristianti Andriani dan beberapa jaksa yang ditunjuk menangani perkara ini.

Ketiga tersangka, terlihat datang dengan menggunakan pakaian yang sama yakni menggunakan kemeja berkerah berwarna putih dan mengenakan celana dan rok berbahan kain berwarna hitam.

Dalam proses pelimpahan, Arif dan dua tersangka lainnya tiba di kantor Kejari Tanjungpinang, sekitar pukul 13.30 Wib. Setelah sekitar empat jam menjalani pemeriksaan dan kelengkapan administrasi di salah satu ruangan Kejari Tanjungpinang.

Baru sekitar pukul 17.30 Wib, Arif dan dua teman wanitanya keluar dan mereka kembali diboyong ke Batam untuk menjalani proses rehabilitasi di panti rehabilitasi yang beralamat di Nongsa, Kota Batam Provinsi Kepri ini.

Sementara itu, Santi, panggilan akrab Kasipidum mengatakan, jika para tersangka mengaku berterus terang sebagai pemakai narkoba, sebagaimana pengakuan tersebut juga dituangkan dalam BAP penyidik.

“Pengakuannya pada kita, dia (Arif-red) berterus terang jika dia memang pemakai. Itu juga sesuai dengan yang tertuang dalam BAP,” ujar Santi kepada sejumlah wartawan.

Santi juga menegaskan, pihaknya juga tidak melakukan penahanan kepada para tersangka. Hal ini juga merujuk pada penyelidikan assesment yang dilakukan BNN terhadap para tersangka.

“Berkas penyelidikan assesmentnya lengkap. Mereka tidak ditahan juga atas permintaan keluarga,” kata Santi.

arif jumana csSanti menambahkan, dalam waktu dekat berkas ketiga tersangka akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tanjungpinang untuk menjalani proses persidangan.

“Kita ikuti saja proses sidangnya. Kita lihat seperti apa yang muncul dalam fakta persidangan,” ujar Santi.

Usai pelimpahan, Arif maupun kedua teman wanitanya memilih bungkam ketika sejumlah wartawan mencecarnya dengan pertanyaan. Ia berusaha menghindar dengan berjalan cepat menuju mobil yang akan membawanya kembali ke panti rehabilitasi. Ketiga tersangka dijerat dengan pasal 127 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo pasal 55 KUHP.

Sebagaimana diketahui, oknum politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini bersama dua teman wanitanya tertangkap tangan ketika diduga sedang menggelar pesta narkoba jenis sabu di sebuah bekas kolam renang di sekitar Seineng, KM 20 Bintan Timur beberapa waktu lalu.(Rindu Sianipar)

Check Also

Calon Wakil Gubernur Aceh, Nasaruddin ketika berbicara dihadapan perwakilan masyarakat Pegasing.

Warga Pegasing Aceh Tengah Sepakat Dukung AZAN

Takengon, sidaknews. com – Perwakilan warga Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah menyatakan dukungan untuk pasangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>