Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Oma Miharja Pimpin Karang Taruna Karawang Gantikan Jajang

Oma Miharja Pimpin Karang Taruna Karawang Gantikan Jajang

Oma diraih melalui suara aklamasi berdasarkan hasil temu karya di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karawang, Jln. Malabar pada Kamis (2/10)
Oma terpilih secara aklamasi berdasarkan hasil temu karya di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karawang, Jln. Malabar pada Kamis (2/10)

KARAWANG,sidaknews.com – Oma Miharja Rizki terpilih sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Karawang periode 2014-2019. Keterpilihan Oma diraih melalui suara aklamasi berdasarkan hasil temu karya di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karawang, Jln. Malabar pada Kamis (2/10).

Ia menggantikan Jajang Sulaeman yang mengundurkan diri, setelah sebelumnya Jajang mendapatkan mosi tidak percaya dari 26 pengurus kecamatan se Kabupaten Karawang.

“Persoalan mosi tidak percaya sudah dicabut seiring adanya kesadaran dari saudara Jajang untuk mengundurkan diri. Apalagi Saudara Jajang saat ini terpilih menjadi pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Barat.

Sehingga membutuhkan waktu untuk fokus di provinsi,” kata Sirpan Ketua Karang Taruna Kecamatan Rengasdengkok sekaligus penggagas pertemuan karang taruna tingkat kecamatan.

Dengan keterpilihan pengurus baru, jajaran pengurus kecamatan diminta untuk tidak mempersolkan lagi mosi tidak percaya terhadap Jajang. Hal serupa juga disampaikan ketua terpilih Oma Miharja Rizki. Dirinya berharap kemelut di tubuh organisasi segera berakhir menyusul terpilihnya kepengurusan baru.

hasil temu karya di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karawang, Jln. Malabar pada Kamis (2/10)
hasil temu karya di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karawang, Jln. Malabar pada Kamis (2/10)

“Pekerjaan terpenting saat ini adalah bagaimana kami selaku putra daerah bisa menggali potensi yang dimiliki agar tidak terjadi kesenjangan antara penduduk lokal dengan warga pendatang,” ujar Oma.

Selanjutnya dalam kepemimpinan kedepan Oma menargetkan desa-desa yang ada di kawasan industri bisa bersinergi dengan perusahaan. Selama ini bantuan berupa corporate sosial responsibility (CSR) belum bersentuhan langsung dengan masyarakat sekitar.

“Karang taruna kabupaten melalui karang taruna kecamatan berkewajiban membantu karang taruna desa, bila mereka mendapatkan kendala dalam berkomunikasi dengan perusahaan terutama investor asing.

Pada dasarnya investor dari luar sangat terbuka terhadap organisasi kemasyarakatan seperti karang taruna. Sepanjang organisasi tersebut mampu menyampaikan program kerja,” kata Oma kepada sejumlah wartawan disela-sela acara.

Keterpilihan Oma sebagai ketua tidak serta merta persoalan di karang taruna kabupaten tuntas. Pengurus Karang Taruna Kecamatan Karawang Timur mendesak, pengurus baru untuk menuntaskan dugaan penyalahgunaan keuangan yang digunakan jajaran kepengurusan karang taruna di era kepemimpinan Jajang Sulaeman.

“Bila penyalahgunaan keuangan tidak dituntaskan, maka kami tidak bersedia masuk kedalam kepengurusan baru, apa bedanya dengan pengurus lama. Bila persoalan bantuan provinsi dan bantuan kabupaten tak diselesaikan secara transparan dan terbuka,” ujar Humas Karang Taruna Kecamatan Karawang Timur Wardiman.

Selain itu, Wardiman juga meminta Dinas Sosial untuk tidak ceroboh dalam menyelurkan bantuan bagi karang taruna. Dana senilai Rp. 300 juta untuk 30 karang taruna kecamatan tidak diketahui oleh sebagian besar pengurus karang taruna di tingkat kecamatan.

“Bantuan kemudian disalurkan dalam bentuk barang bukan uang. Sehingga terindikasi dinas mencari untung dari pembelanjaan barang tersebut,” kata Wardiman.

Sekretaris Dinas Sosial Wahyudi membenarkan terkait hal itu. Namun, kata dia, sesuai dengan pagu anggaran, bantuan yang diberikan berupa barang bukan uang. Pemohon dalam hal ini karang taruna mengajukan proposal kebutuhan organisasi, kemudian dinas membelanjakannya senilai Rp. 10 juta di satu desa/kecamatan.(ega)

Check Also

Tiga Pelaku Pengeroyokan Wartawan Berhasil Ditangkap Polda Sumut

Medan, sidaknews.com – Tiga orang tersangka pelakukasus pengeroyokan terhadap seorang wartawan Inews Tv bernama Adi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *