Rabu , 24 Mei 2017
Home » Daerah » Babel » Pameran foto di dalam laut Belitung,akan pecahkan rekor Dunia

Pameran foto di dalam laut Belitung,akan pecahkan rekor Dunia

Keterangan foto : Obyek wisata Pulau lengkuas Belitung
Keterangan foto : Obyek wisata Pulau lengkuas Belitung.

Tanjungpandan,Sidaknews.com – Dalam rangka memperingat Hari lingkungan Hidup se-dunia Persatuan Olah raga Selam seluruh Indonesia ( POSSI) Kabupaten Belitung bakal menggelar Belitung biru di Pantai Tanjungkelayang yang direncanakan mulai Tanggal 5 sampai 7 Juni 2014 mendatang.

Rangkaian yang akan digelar ini diantaranya adalah penanaman Mangorove,traspalantasi coral, dan pelepas tukik . Sedangkan pada acara puncaknya pada Tanggal 7 Juni yaitu pemecajhan rekor dunia pameran foto di bawa air

Dendy K Rachim selaku Person In Charge (PIC) Media pada event Belitung Biru mengatakan kepada Pewarta yang ada di Belitung, Belitung baru diambil dari acara UNEP (United Nations Environment Program ), dimana pada Tahun 2014 ini diarahkan ke Negara Negara pesisir yang terkena dampak global warming. Program Belitung biru ini dbuat untuk mensukseskan pelestarian lingkungan hidup Pulau Belitung sebagai daerah kepulauan.

Ya itu tadi kegiatanya antara lain ada penanaman mangrove,transpalansi coral, serta pelepasan tukik. Sedangkan untuk membuat suasana acara lebih ramai kata Dendy, pihaknya akan membuat pemecahan rekor dunia dengan menyajilkan pameran foto dibawah laut .Pameran foto ini mengambil tempat disalah satu kapal karam Indo Marine yang di sekitar 300 – 400 meter dari Pulau Lengkuas.”Ini Baru yang ketiga di dunia .Inipun hanya dlakukan di dalam kolam renang sedangkan Fameran Foto dilaut baru akan digelar di Pulau Belitung,” jelas Dendy pada senin.(26/5)

Dendy menceritakan secara garis besar kapal karam. Indo Marine yang terletak di kedalaman antara 18 meter sampai 34 meter dengan kontruksinya miring . Nantinya para penyelam turun,berputar putar melihat pameran foto dan selanjutnya naik kembali. Sedangkan foto foto tersebut akan digantungkan pada pnggir pinggir kapal karena tidak boleh ditempel atau dipaku. Persiapan untuk pameran foto ini mungkin akan memakan waktu beberapa hari terutama untuk pemasangan foto dan lain sebagainya.

Masih menurut Dendy beratnya memang berada pada bagian depan haluan itu karena kedalamanya mencapai belasan meter . Foto foto yang dipamerkan adalah foto yang bertemakan lingkungan hidup dan keindahan pesona alam di Belitung ini yang diperkirakan 125 foto yang akan dipamerkan.

Dalam pameran foto bawah laut itu nantinya akan ada dari Record Holders Republic (RHR selaku Registry of Officeal World Recods) yang berbasis di London akan mencatat pemecahan rekor tersebut . Sedangkan dari RHR sendiri meminta 120 foto untuk di pamerkan,sedangkan mereka akan memamerkan 125 foto.

Menurut Dendy ada 200 penyelam yang akan dilibatkan .Dari pengda pengda POSSI dan Komunitas selam seluruh Indonesia dan mereka akan dibagi di dalam beberapa kelompok. Nanti penyelam bentuknya kayak Tour mereka turun dari Jetty apung ,turun disatu titik dan muter mereka melihat pameran foto dan kembali dari sisi yang beda,”jelas Dendy.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan KementerIan Pariwisata dan Ekonomi kreatif. Rencananya Dirjen dari Kementerian tersebut akan hadir ..Sedangkan rencana kedatangan Menteri Parekraf sedang menunggu Informasi.Dan menurut Panitia pellaksana akan diramaikan artiis artis dari ibu kota untuk meramaikan acara ini.

Harapan Bupati Belitung yang biasa disapa Sanem kepada Sidak News,com muda mudahan acara seperti ini dapat mendatangan Wisnu dan wisman ke Belitung.(Adiya)

 

Check Also

Pemko Langsa Salurkan Dana Meugang Kepada 6.700 Fakir Miskin

Langsa, sidaknews.com – Menjelang bulan suci Ramadhan 1438 H, Pemerintah kota Langsa menyalurkan bantuan berupa uang untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *