Home » Berita Foto » Para Penikmat Aliran Dana Perusda Karimun Mulai Terkuak

Para Penikmat Aliran Dana Perusda Karimun Mulai Terkuak

Ilustrasi: Borgol.
Ilustrasi: Borgol.

KARIMUN,Sidaknews.com — Usmantono Mantan Dirut Perusda yang ditangkap oleh Jajaran Polda Kepri beberapa waktu lalu, terkait adanya dugaan penyelewengan anggaran di Perusda, rupanya menyimpan seribu mesteri.

Dari penuturan kuasa hukum Usmantono ada 9 orang mantan anggota DPRD Priode 2009,2014 yang ikut serta menikmati aliran dana dari Perusda, namun, sampai saat ini pengacara tersebut belum juga membeberkan siapa saja ke 9 mantan anggota DPRD tersebut.

Dari keterangan Syaipul SH Kuasa Hukum Usmantono Mantan Dirut Perusda Kabupaten Karimun yang di rilis media lokal mengatakan, Ya dari BAP yang dilakukan oleh Penyidik Polda Kepri ada 9 nama mantan anggota DPRD Karimun.

Dari 9 orang tersebut saat pemilihan kemarin mereka terpilih kembali,selain ke 9 mantan anggota DPRD tadi ada satu nama dari jajaran Pemkab Karimun, adapun Inisial dari ke Sembilan Mantan anggota DPRD tersebut diantaranya, R,K,B,P,J,J,S,A dn inisial dilingkungan pemkab karimun, berinisial,” A”, Tutur Syaipul.

Namun anehnya,Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Anwar Hasyim selaku Badan Pengawas Perusda Karimun secara tersirat menyatakan kalau posisi Usmantono sebagai Dirut Perusda masih akan dipertahankan, alias masih aman.

“Didalam perjalanan,namanya manusia biasa ada kelemahan. Sekarang itu bagaimana upaya menyelesaikan kelemahan itu,” kata Anwar Hasyim ketika di rilis keteranganya saat menjabat sebagai sekretaris daerah kabupaten karimun beberapa waktu lalu.

Kendati ada nada pembelaan, namun Anwar Hasyim tetap mengakui ada kelemahan atas kinerja Dirut Usmantono tersebut. Pasalnya, sejak menjabat tidak ada nol rupiah pun masuk ke kas daerah, malah anggaran tambahan Rp 1 miliar pada APBD 2011 lalu, tidak berbekas karena tidak ada keterbukaan penggunaanya, baik kepada masyarakat maupun kepada badan pengawas Perusda sendiri.

“Fokus perusda kan pendapatan. Kita akui ada hambatan untuk meraih pendapatan itu sendiri. Nanti kita akan kordinasi seluruhnya. Dimana ada kelemahan di sana ada perbaikan, pembenahan. Nanti kita mau lihat lagi sumber-sumber mana yang bisa digali,” tambahnya.

Langkah yang akan diambil pemerintah mengatasi Perusda ini melalui badan pengawas yang sudah ada melalui penjajakan verifikasi atas masalah yang kini dihadapi Perusda sehingga mendapat sorotan negatif di tengah masyarakat.

Pertanyaanya,laba dari bidang unit usaha air bersih, SPBU dan pengelolaan Pasar,pengisian bahan bakar bungker (SPBB) yang di kelola oleh Perusda di nilai sangat minim masuk ke kas Daerah,kemanakah aliran dana itu masuk dan siapa sajakah penikmat dana tersebut,..?Bersambung.(Udo)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>