Jumat , 26 Mei 2017
Home » Berita Foto » Pedagang Pasar Tradisional Tanjung Berlian Akan Dipindah

Pedagang Pasar Tradisional Tanjung Berlian Akan Dipindah

Kelurahan Tanjung Berlian. Kondisi ini dikarenakan banyaknya truk proyek yang melewati jalan untuk menganggut tanah untuk
Ilustrasi.

Kundur, Sidaknews.com – Rencananya Pedagang yang berjualan di Pasar Tradisonal Kecamatan Kundur Utara saat ini akan dipindahkan untuk sementara ke sekitar pertokoan yakni di jalan utama Kelurahan Tanjung Berlian.

Kondisi ini dikarenakan banyaknya truk proyek yang melewati jalan untuk menganggut tanah untuk proyek penimbunan untuk pembuatan jalan pesisir, yang menimbulkan debu sehingga membuat dagangan tidak steril. Demikian dikatakan Camat Kundur Utara, M. Yunus.

Sejak proyek penimbunan dimulai, para pedagang yang berjualan dipasar tradisional udah kita pindahkan yang sipatnya hanya untuk sementara aja, insa allah setelah selesai dilaksanakan penimbunan atau lalulalang kendaraan pengangkut tanah didepan pasar sudah tidak ada lagi para pedagang akan kita kembalikan ke tempat semula (pasar-red), yang diperkirakan proyek penimbunan akan selesai sekitar Jaunari mendatang,” kata M. Yunus, kemarin.

Direncanakan pasar akan dibangun fasilitas tambahan seperti tambatan perahu yang aksesnya langsung dapat menuju belakang pasar. Sehingga masyarakat dari pulau-pulau dapat membawa barang dagangannya melalui laut terus ke pasar tersebut..

Adapun perkembangan pembangunan jalan pesisir dari Kundur Utara menuju Kecamatan Kundur di pusat Kota Pulau Kundur, yakni Tanjungbatu saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan dilaksanakan secara bertahap. Untuk saat ini baru dilakukan penimbunan sepanjang tiga kilometer, dimulai dari Kelurahan Tanjung Berlian atau baru sampai jembatan dua di Sungai Raya Desa Sungai Ungar Utara Kecamatan Kundur Utara.

“Artinya jalan pesisir ini belum dapat dilalui oleh masyarakat, lagi pula pengerjaanya juga bertahap karena anggaran dari Provinsi Kepri pun diserahkan secara bertahap. Untuk saat ini saja proyeknya ditargetkan harus berakhir hingga Desember yang pada Agustus lalu. Baru kemudian dilanjutkan setelah anggaran dari Provinsi dicairkan untuk tahap berikutnya,” ucapnya.

Sedangkan pembangunan jalan pesisir yang dilakukan dari Kelurahan Tanjung Berlian ke arah Desa Teluk Radang saat ini tinggal sedikit lagi dilakukan penimbunan dengan total panjang sekitar 10 Kilometer. Setelah selesai baru akan dilaksanakan pemasangan batu miring.

“Tapi ada juga beberapa lahan yang diatasnya dibangun dua ruko dan belum sempat kita bebaskan. Sedangkan jalur dari arah Kundur Utara ke Kundur nanti perencanaannya akan dibuat gudang, pelabuhan domestik, terminal dan lainnya. (ali.s)

Check Also

Desa Paya Bujok Beuramoe Khitan Anak Kurang Mampu

Langsa, sidaknews.com – Sedikitnya 20 orang anak dari keluarga yang kurang mampu di desa Paya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *