Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Berita Foto » Pelajar Diminta Teladani Ki Hajar Dewantara

Pelajar Diminta Teladani Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara. foto: net
Ki Hajar Dewantara. foto: net

Karawang, sidaknews.com – Berbicara tentang pendidikan di Indonesia tidak pernah lepas dari seorang figur yang familiar di dunia pendidikan, dimana 125 tahun yang lalu tepatnya 2 Mei 1889 seorang putra dilahirkan, dialah salah satu putra terbaik yang dimiliki bangsa ini.

Dia dikenal sebagai pelopor pendidikan dan sebagai bapak pendidikan dan juga merupakan salah satu tokoh perjuangan dalam merebut kemerdekaan. Dialah Ki Hajar Dewantara, begitulah beliau kita panggil.

Beliau adalah seorang figur dan seorang tokoh panutan. Dalam sejarah kemajuan sebuah negara dimanapun, guru dan pendidikan memegang peran kunci yang sangat penting.

Memuliakan guru dan menempatkan pendidikan pada posisi yang strategis adalah sebuah keharusan jika sebuah negara ingin menggapai kemajuan. Tapi, hal itu hingga saat ini belum terwujud sebagai sebuah kenyataan, masih menjadi suatu yang harus sungguh-sungguh diperjuangkan.

Demikian diungkapkan Ketua Persatuan Anak Guru (PAGI) Kabupaten Karawang Irvan Bayu Nugraha, SH saat berbincang dengan sidaknews.com di sekitar Gedung PGRI Karawang belam lama ini.

“Saya sebagai Ketua PAGI memperhatikan perkembangan pelajar dan kalangan remaja mengalami kemerosotan, bahkan kerap kali menuai kontroversi. Mungkin kita harus sedikit menengok sejarah. Karena menurut saya, ini merupakan suatu keharusan pelajar di Indonesia diajak lebih dalam mengetahui, mempelajari dan memahami sosok tokoh pendidikan kita, Ki Hajar Dewantara,” ujarnya.

Menurut Bayu, konsep dan ajaran Ki hajar Dewantara tepat bila pelajar bisa mengamalkannya. Pasalnya, pengabdian dan cita-cita beliau dahulu ingin Indonesia yang akan datang memiliki kepribadian nasional dan sanggup membangun masyarakat yang bermanfaat bagi kehidupan dan penghidupan bangsa ini, tidak tergantung pada penjajah terus menerus.

“Namun sayang, sedikit demi sedikit, ajaran demi ajaran di masa lampau (sejarah) ini mulai hilang digerus dengan arus modernisasi dan perilaku-perilaku yang tidak sepatutnya. Saya berharap keteladanan Ki Hajar Dewantara dapat diamalkan pelajar, ” katanya.

Di era sekarang, lanjut dia, pelajar khususnya di kalangan remaja mulai berkurang mengamalkan konsep dan ajaran Ki Hajar Dewantara yang sungguh-sungguh menuntut ilmu dengan penuh jiwa dan rasa ingin memahami.

“Masih banyak pelajar, baik di waktu sekolah atau pun waktu luang mengisi kegiatan dengan hal yang kurang bermanfaat,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, ia berharap kepada Lembaga Pendidikan agar terus menerus memberikan materi dan pemahaman secara rutin tentang sosok tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara dan memakai sedikit demi sedikit metode yang diajarkannya.

“Dengan harapan, semoga pelajar kita ke depan lebih baik lagi. Menjadi anak didik yang bergantung pada disiplin kebatinannya sendiri, bukan karena paksaan dari luar atau perintah orang lain.

“Dan tidak terlepas dari itu, saya meminta generasi tua untuk memberikan contoh yang baik terhadap generasi muda dan generasi muda harus bisa menjadi Role Model untuk generasi yang lebih muda,” harapnya.

Bayu menambahkan,dengan adanya dukungan dari semua komponen dan mensinergikan semua elemen dalam satu pemikiran dan cita-cita untuk memajukan pendidikan, bukan sesuatu yang mustahil negara ini bisa menjadi negara yang besar,maju dan disegani oleh negara lain.

Terlebih lagi, kata dia, Indonesia pada hakikatnya adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya dan jika dikelola dengan sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas tentu akan menjadi bangsa yang besar dan mandiri.

“Saya tekankan baik itu untuk diri sendiri saya pribadi dan semua unsur masyarakat, bahwa pendidikan tidak mengenal usia, status sosial dan tidak dibatasi oleh ruang lingkup sosial dan tidak ada kata terlambat untuk terus belajar,” tegasnya.(Karla)

Check Also

Anggota BPKP Sultra. Armadi saat melakukan pemeriksaan, ketika disambangi wartawan.

Anggota DPRD Konut Nilai Oknum BPKP Sultra Tidak Profesional Menjalankan Tugas

-Terkait Penggeledahan Rumah Mantan Bendahara Sekretariat DPRD Tanpa mekanisme Wanggudu, sidaknews.com – Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>