Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Pelaksanaan System Jaminan Sosial Nasional Di Anambas

Pelaksanaan System Jaminan Sosial Nasional Di Anambas

a2ANAMBAS, – Sidak News : Sosialisasi Program Jamkesmas dan Jamkesda Bagi Aparatur Kecamatan dan Desa Sekabupaten Kepulauan Anambas, dalam rangka menyongsong pelaksanaan System Jaminan Sosial Nasional (SJSN) Tahun 2014, Selasa 28 mei 2013 di Siantan Nur.

Ketua Penyelenggara, Said M Damrie yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas dalam laporannya menyampaikan, bahwa sosialisasi ini sangat penting, karena besarnya pelaksanaan atau anggaran yang diselenggarakan tentu banyak menimbulkan informasi yang salah, melalui sosialisasi ini diharapkan kita semua menjadi benar-benar mempunyai pemahaman yang sama agar dapat menjelaskan kepada masyarakat sehingga tidak ada lagi yang merasa dilalaikan dan dirugikan.

Acara dibuka oleh Abdul Haris. SH wakil Bupati Kepulauan Anambas, menyampaikan bahwa program Jamkesmas ini diharapkan untuk menjaga masyarakat agar tetap sehat dan produktif. Juga Jamkesmas diharapkan untuk melindungi pesertanya dari resiko pengeluaran kesehatan yang berdampak “membawa bencana” (dampak “katastropik” financial).

Pada intinya program Jamkesmas bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang dapat diakses dan bermutu sehingga tercapai derajat kesehatan yang optimal secara efektif dan efisien bagi seluruh peserta Jamkesmas.

Secara Khusus bertujuan memberikan kemudahan dan akses pelayanan kesehatan kepada peserta di seluruh jaringan PPK (penyedia pelayanan kesehatan) Jamkesmas (Puskesmas serta jaringannya, dan rumah sakit), mendorong peningkatan pelayanan kesehatan yang terstandar bagi peserta, tidak berlebihan, sehingga terkendali mutu dan biayanya, terselenggaranya pengelolaan keuangan yang transparan dan dapat dipertanggung jawabkan (akuntabel), meningkatkan jumlah peserta (masyarakat tidak mampu) yang dicakup agar mendapat pelayanan kesehatan di jaringan PPK Jamkesmas, dan juga meningkatkan Kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin.

Sasaran Program ini adalah masyarakat miskin dan tidak mampu  di seluruh Indonesia sejumlah 76,4 juta jiwa, tidak termasuk yang sudah mempunyai jaminan kesehatan lainnya. Di Kabupaten Kepulauan Anambas pada tahun 2012 terdapat +/- 12.000 jiwa yang mendapatkan kartu Jamkesmas, dan pada tahun 2013 terdapat 5.296 ribu jiwa yang terdaftar sebagai peserta Jamkesmas, ini artinya terjadi penurunan yang signifikan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Abdul Haris. SH juga mengatakan Khusus di Kabupaten Kepulauan Anambas penjamin pemeliharaan kesehatan bagi seluruh penduduk telah dilaksanakan melalui program jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA). Program Jamkesda adalah bentuk nyata kepedulian dan tanggung jawab pemerintah Kabupaten terhadap pemeliharaan kesehatan masyarakat yang telah dilaksanakan sejak tahun 2009, dan terus mengalami penyempurnaan sampai saat ini. Jika program Jamkesmas hanya menjamin pemeliharaan kesehatan penduduk miskin dan tidak mampu untuk pelayanan kesehatan terhadap penyakit-penyakit tertentu, ini berbeda dengan program Jamkesda Kabupaten Kepulauan Anambas yang menjamin pemeliharaan bagi seluruh penduduk yang memiliki tanda bukti penduduk berupa KTP atau terdaftar di KK Kabupaten Kepulauan Anambas, dengan pemberian pelayanan kesehatan yang lebih lengkap dan luas.

“Dengan kita memahami semua prosedur Jamkesmas dan Jamkesda, saya harapkan pelayanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan dan jajarannya bagi seluruh penduduk menjadi lebih baik dan bermutu” ujar Abdul Haris, SH.

Dia juga berharap tidak ada lagi pihak-pihak yang merasa dirugikan atau merasa dipersulit oleh dinas Kesehatan, dan juga diharapkan pada masyarakat juga dapat memahami kondisi riel dilapangan, dimana Dinas Kesehatan melaksanakan pelayanan administrasi juga harus berhati- hati. (RAHMAT)

Check Also

img-20170327-wa0020-1-640x427

Peringatan HUT Damkar, Petugas Diminta Siaga 24 Jam

Lutim, sidaknews.com – Sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Petugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>