Sabtu , 27 Mei 2017
Home » Berita Foto » Pelayanan Haji di kantor Kemenag Karawang Normal

Pelayanan Haji di kantor Kemenag Karawang Normal

Humas Kemenag Karawang Asep Zaelani
Humas Kemenag Karawang Asep Zaelani

KARAWANG,sidaknews.com – Meski Menteri Surya Dharma Ali (SDA) resmi ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji di Kementerian Agama beberapa waktu lalu, namun pelayanan ibadah haji di Kabupaten Karawang tidak terpengaruh dengan kondisi tersebut.

“Tahapan pelaksanaan haji tetap berjalan sesuai dengan jadwal dan pelayanan haji di Kantor Kemenag Karawang berjalan normal,” kata Kepala Kemenag Karawang Edy Yusuf melalui Humas Kemenag Karawang Asep Zaelani kepada sidaknews.com.

Kuota calon haji tahun 2014 di Kabupaten Karawang untuk kloter pertama akan diberangkatkan sekitar bulan September 2014 sebanyak 1714 . Jumlah tersebut menurun dibandingkan tahun 2013 karena kebijakan pemangkasan kuota haji secara nasional.

Sedangkan saat ini Kemenag Karawang masih menunggu kepres untuk pelunasan biaya dari calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini.Setelah turun Keputusan Presiden tersebut selanjutnya akan diketahui berapa Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH) yang harus dibayar oleh calon jamaah.

Sedangkan uang muka yang sudah dibayarkan calon jamaah menurut Asep dana tersebut tidak disimpan di Kantor Kemenag Karawang melainkan di rekening.”Harapan kita dari Kemenag Karawang, kepada semua calon jamaah agar segera mempersiapkan segala kebutuhan baik administrasi maupun finansial,” harap Asep.

Disinggung terkait pertanggungjawaban Kemenag kepada jamaah jika sudah berada di tanah suci, Asep menegaskan Kemenag akan bertanggungjawab penuh kepada seluruh jamaah. Di tanah suci, seluruh jamaah akan dibantu oleh Petugas Pelayan Haji Indonesia (TPHI) yang akan mengayomi dan membantu seluruh jamaah.

Dan petugas TPHI tersebut menurut Asep merupakan perwakilan dari Kemenag untuk membantu segala hal yang dibutuhkan oleh jamaah dari Indonesia termasuk jamaah yang berasal dari Kabupaten Karawang. “Pertama saat ini kita masih menunggu kepres untuk pelunasan dan terus berkoordinasi dengan Pemda Karawang soal pemberangkatan jamaah,” tuturnya.

Dan perlu diketahui menurut Asep, penyelenggaraan haji di Indonesia ini adalah terbaik sedunia. Tidak kurang dari 17 negara di dunia menurut Asep sudah melakukan study banding tentang pelaksanaan haji ke Indonesia. Sehingga menurutnya, pelaksanaan haji di Indonesia ia tegaskan akan berjalan dengan baik dan sesuai harapan.(ega)

Check Also

Tarawih Perdana, Nasaruddin Sampaikan Ceramah di Mesjid Ruhama Takengon

Takengon, sidaknews.com – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyampaikan ceramah pada Tarawih perdana di Mesjid Agung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *