Jumat , 26 Mei 2017
Home » Daerah » Babel » Pembalak Hutan Produksi Diamankan

Pembalak Hutan Produksi Diamankan

Pembalak Hutan Produksi Diamankan
Tampak Foto : Kawasan Hutan Produksi (HP) Aik Gelarak, Desa Batu Itam, Sijuk.

Tanjungpandan, Sidaknews.com – Sat Reskrim Polres Belitung mengamankan seorang warga yang disinyalir melakukan illegal logging di kawasan Hutan Produksi (HP) Aik Gelarak, Desa Batu Itam, Sijuk, Rabu (15/10) sore lalu. Selain pelaku dengan inisial Rd (42) warga Sijuk, polisi juga mengamankan 10 balok kayu berukuran sekitar 3 meter dan satu unit chainsaw milik pelaku.

Penangkapan tersebut bermula laporan dari masyarakat yang menyebutkan ada aktivitas pembalakan liar. Pihak kepolisian menanggapi informasi tersebut dengan mengecek lokasi. Saat pengecekan sekitar pukul 15.00 WIB, anggota kepolisian mendengar adanya suara chain saw dari kawasan HP.

“Penangkapan pada saat kita melakukan pengecekan hutan di wilayah hutan Aik Cengal Kecamatan Sijuk. Kita mendengar suara mesin chain saw, suaranya dari dalam hutan. Lumayan jauh masuknya, karena mobil tidak bisa masuk lagi,” sebut Kasat Reskrim Polres Belitung, AKP Joko Handono kepada Media, Jumat (17/10).

Setelah menemukan sumber suara, polisi mendapati Rd yang sedang membelah kayu gelondongan untuk dibuat menjadi balok kayu. Beberapa pohon di lokasi tersebut juga terlihat sudah tumbang dan siap untuk diolah menjadi balok kayu. Selain itu 10 balok kayu hasil olahan Rd juga terlihat di lokasi dan siap dipindahkan.

“Awalnya kita lihat ada dua batang pohon yang sudah ditebang. Kita cek lagi ternyata ada beberapa batang kayu lagi yang ditebang. Lalu kita amankan sepuluh kayu berupa balok berukuran tiga meter dan satu unit mesin chain saw,” ujar Joko Handono.

Joko Handono mensinyalir perbuatan pelaku melakukan pembalakan liar bukan hanya kali ini saja. Pasalnya beberapa pohon di sekitar lokasi juga diberi tanda yang diyakini akan ditebang. Pelaku langsung digelandang ke Mapolres Belitung untuk dimintai keterangan. Kesulitan Jauhnya lokasi pembalakan dari jalan membuat pihak kepolisian kesulitan mengeluarkan barang bukti (BB) dari lokasi. (ANS)

Check Also

Desa Paya Bujok Beuramoe Khitan Anak Kurang Mampu

Langsa, sidaknews.com – Sedikitnya 20 orang anak dari keluarga yang kurang mampu di desa Paya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *