Jumat , 31 Maret 2017
Home » Berita Foto » Pembangunan Resot Pulau Bawah Tidak Kantongi Memiliki IMB

Pembangunan Resot Pulau Bawah Tidak Kantongi Memiliki IMB

Terkait dengan pembangunan Resot di Pulau Bawah 

Pembangunan Resot Pulau Bawah diduga tidak kantongi IMB
Pembangunan Resot Pulau Bawah diduga tidak mengkantongi IMB.

ANAMBAS,Sidaknews.com – Pembangunan Resot di Pulau Bawah di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) diduga tanpa memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Pantauan Sidaknews di beberapa titik wilayah Terempa dan sekitarnya, tampak beberapa bangunan gedung maupun rumah yang sedang dibangun tidak memiliki IMB.

Saat ini yang menjadi sorotan adalah salah satu pembangunan terbesar yang sedang berjalan sangat jelas terlihat telah menyalahi prosedur karena tidak memiliki IMB, yakni pembangunan Resort di Pulau Bawah.

Namun anehnya, proyek bangunan tergolong besar milik investor asing ini tidak sedikit pun digubris oleh Pemerintah Daerah.Padahal sudah jelas-jelas menyalahi aturan dan tidak memilliki IMB.

Penyalahan prosedur pembangunan yang diduga dilakukan oleh PT. Pulau Bawah atas pembangunan lebih dari tiga puluh unit resort yang saat ini masih berlangsung di Pulau Bawah ini juga diungkapkan oleh Kepala Kantor Penanaman Modal (KPM) Agus Supratman pada suatu kesempatan beberapa waktu lalu.

“Memang benar pihak PT. Pulau Bawah belum mengurus IMB, sementara proses pembangunan sudah berjalan,” ujar Agus, Selasa di Terempa.

bangunan Risot di pulau bawah belum ada IMB
Tampak bagian atas bangunan Resot di pulau bawah belum ada IMB.

Menurutnya, PT.Pulau Bawah yang bertindak selaku perusahaan kontraktor untuk pembangunan resort di Pulau Bawah telah menyalahi aturan, dan telah mengangkangngi kebijakan yang telah di tentukan oleh Pemerintah Daerah.

“PT. Pulau Bawah belum taat aturan selaku penanaman modal asing. Itu artinya, kalau demikian perusahaan itu telah mengangkangngi kebijakan pemerintah daerah ini,” tegasnya.

Lebih lanjut Agus menambahkan, dia sempat mempertanyakan prihal ini langsung kepada Manajer dari PT. Pulau Bawah, Selly. Dan dari pengakuan pihak perusahaan kepada Agus menjelaskan bahwa pengurusan IMB telah diserahkan kepada Kades Kiabu.

Sementara saat Sidaknews mengkonfirmasikan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Anambas, salah seorang petugas yang biasa menerima dan membuat surat rekomendasi untuk pengantar pengajuan IMB yang rencananya akan dilanjutkan ke Sekda mengaku, sampai saat ini pihak Dinas PU belum pernah menerima surat pengajuan pengurusan IMB, khususnya dari PT. Pulau Bawah.

“Terus terang saja sampai saat ini kami belum pernah menerima surat pengajuan rekomendasi IMB yang nantinya akan ditembuskan ke pak Sekda. Bukan hanya dari PT. Pulau Bawah, dari perusahaan lain atau masyarakat yang ingin mendirikan bangunan juga tidak pernah mengajukan surat pembuatan IMB,” ujar salah seorang staf Dinas PU yang tidak ingin disebutkan namanya.

Sementara saat Sidaknews kembali hendak mengkonfirmasikan hal ini kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Anambas, namun kru media ini tidak berhasil menemui Kadisparbud Anambas, Iwan Roni Kurniawan dikarenakan sedang tugas luar.(Rohadi)

Check Also

Dinas kehutanan Provinsi Sumut selidiki banjir bandang di kota Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, sidaknews.com – akibat maraknya penebangan liar disekitar gunung lubuk raya, pihak Dinas Kehutanan Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *