Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Pembentukan Alat Kelengkapan DPRD Karawang Dikebut

Pembentukan Alat Kelengkapan DPRD Karawang Dikebut

Suasana rapat paripurna penetapan fraksi DPRD Kabupaten Karawang
Photo Saat Suasana rapat paripurna penetapan fraksi DPRD Kabupaten Karawang.

KARAWANG,sidaknews.com – Pembentukan alat kelengkapan DPRD Kabupaten Karawang terus dikebut. Musyawarah dan lobi-lobi juga sudah dilakukan untuk membentuk kelengkapan dewan lainnya, seperti komisi, Badan musyawarah (Bamus), Badan Legislasi (Baleg) serta Badan Anggaran (Banggar) DPRD.

“Waktu kerja kita sudah sangat mepet, jadi harus ngebut untuk segera melaksanakan agenda penting,” ungkap wakil ketua DPRD Karawang dari Fraksi Demokrat Budianto kepada sidaknews.com di ruang kerjanya.

Ia mengungkapkan, DPRD hanya memiliki waktu efektif kurang dari tiga bulan untuk melaksanakan sejumlah agenda penting. Sehingga roda pembangunan di Kabupaten Karawang dapat berjalan. Beberapa agenda penting yang dimaksud, jelasnya, berupa rancangan peraturan daerah (raperda) tentang desa dan pembahasan anggaran tahun 2015.

Mepetnya waktu membuat pihaknya segera menuntaskan pekerjaan internal dewan. “Ya mudah-mudahan akhir bulan ini harus sudah selesai,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan, dalam pembahasan ini DPRD Kabupaten Karawang mengedepankan asas musyawarah mufakat dan tidak menggunakan mekanisme voting. Harapannya, pembahasan segera tuntas dan harus sudah bisa diparipurnakan untuk pengesahannya. Sebab dengan segera terbentuknya alat kelengkapan dewan Bamus segera mengagendakan pembahasan anggaran maupun perda dengan eksekutif.

Senada juga dilontarkan Ketua Fraksi Gerindra H Danu Hamidi. Ia mengatakan, keseluruhan alat kelengkapan dewan diharapkan selesai terbentuk dalam sebulan ke depan. Percepatan itu dirasa perlu mengingat DPRD harus segera melakukan tugas kelegislasian, terutama dalam penyusunan rancangan APBD (RAPBD) 2015, sebagaimana pengajuan eksekutif.

“DPRD baru juga punya tugas menyelesaikan beberepa rancangan perda (peraturan daerah) yang belum tuntas dibahas teman-teman dewan lama, karena beberapa alasan. Itu prioritas kami,” ujar Danu.(ega)

Check Also

Peran Apoteker penting bagi masyarakat didalam Pelayanan

Pangkalpinang, sidaknews.com – Banyak Apotek yang ada hampir merata di Bangka Belitung sangat kurang memperhatikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *