Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Pemberantasan Hama Tikus Di Bireuen Belum Maksimal

Pemberantasan Hama Tikus Di Bireuen Belum Maksimal

Foto Ilustrasi: Pemberantasan hama tikus.
Foto Ilustrasi: Pemberantasan hama tikus.

Bireuen,Sidaknews.com – Ratusan Hektar Lebih Lahan Pertanian Di Kabupaten Bireuen terserang oleh Hama Tikus, namun penangulanganya belum maksimal sehingga masyarakat di kawasan lahan pertanian kecamatan Jeumpa terpaksa membuat alat perangkat mengunakan arus listrik.

Lahan tersebut ditandakan waktu malam hari mengunakan lampu bewarna merah dikatakan salah seorang masyarakat petani fuadi (32) kepada Media Sidaknews.com pada Minggu kemarin.(01/2).

Hama tikus yang menyerang Lahan Pertanian Masyarakat diKecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen,dan sebahagian besar wilayah lainya sudah terjadi sejak lama,tetapi penangulangan terhadap Hama tikus,masih sangat sulit untuk dilakukanya dengan kejadian yang terus terjadi seperti ini membuat masyarakat khususnya petani kewalahan untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan demi menghidupi kebutuhan keluarga mereka.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pertenakan Kabupaten Bireuen,Alie Basyah melalui Hj.Mutia saat ditanya,mengatakan,sebelumnya Pihak Dinas Pertanian Dan Pertenakan sudah sering mengantisipasi Hama Tikus dengan cara memberikan bantuan berupa racun tikus kepada petani melalui Dana APBA.

Namun “Kata HJ.Mutia Bantuan racun tikus untuk Kabupaten Bireuen masih sangat terbatas dibandingkan dengan besarnya luas lahan pertanian yang terserang Hama tikus, sehingga Dinas Pertanian Dan Pertenakan kabupaten Bireuen tidak mampu menghapus Hama Tikus di wilayah Kabupaten Bireuen.

Kepala Dinas Pertanian Dan Pertenakan Bireuen Alie Basyah melalui Hj.Mutia Mengatakan,Masyarakat harus sering membersihkan Lahan Pertanian mereka supaya tidak semak belukar,itulah salah satu langkah supaya tikus tidak terus menerus menghantui Lahan Pertanian masyarakat,membuat Hasil Pertanian setiap tahun mengalami Gagal Panen.(Hendra)

Check Also

img-20170327-wa0020-1-640x427

Peringatan HUT Damkar, Petugas Diminta Siaga 24 Jam

Lutim, sidaknews.com – Sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Petugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>