Kamis , 25 Mei 2017
Home » Berita Foto » Pemberian FPJP Bank Century tanggung jawab dewan gubernur BI

Pemberian FPJP Bank Century tanggung jawab dewan gubernur BI

pemberian-fpjp-bank-century-tanggung-jawab-dewan-gubernur-bi2Sidaknews.com – Pakar ekonomi Ichsanudin Noorsy, mengatakan dewan gubernur Bank Indonesia merupakan pihak paling bertanggung jawab dalam penetapan pemberian Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek (FPJP) kepada Bank Century. Padahal menurut dia, saat itu Bank Century tidak layak diberikan FPJP karena berbagai hal.

Ichsanuddin hari ini diperiksa lagi sebagai saksi ahli dalam kasus dugaan korupsi pemberian FPJP dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Menurut mantan anggota Komisi XI DPR, itu mantan Deputi Bidang Pengawasan Moneter BI, Budi Mulya, tidak bekerja sendirian dalam menetapkan pemberian FPJP.

“Bagaimana FPJP bisa diberikan? Itu bukan keputusan Budi Mulya. Itu kan keputusan rapat dewan gubernur BI. Kalau rapat dewan gubernur mekanismenya, berarti bukan tanggung jawab Budi Mulya,” kata Ichsanuddin kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (20/11).

Ichsanuddin mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999, FPJP bisa dicairkan jika sebuah bank memiliki jaminan dalam bentuk liquid (modal cair) dan mudah dicairkan. Tetapi, lanjut dia, kenyataannya pada Bank Century saat itu justru kebalikannya.

“Ternyata dalam praktiknya, jaminan Bank Century dalam posisi liquid dan mudah dicairkan tidak memenuhi syarat. Apalagi kemudian jumlah jaminannya tidak memadai. Apalagi kemudian CAR (rasio kecukupan modal)-nya tidak memadai. Itu enggak bisa dari segi proses FPJP-nya. Itu enggak memenuhi syarat,” ujar Ichsanuddin.sumber.merdeka.com

Check Also

Pemkab Sergai Survey Harga Sembako di Pasar Tradisional

–Persediaan Sembako Selama Ramadhan di Sergai Aman Sergai, sidaknews.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1438 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *