Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Pembukaan MTQ Kepri di Karimun

Pembukaan MTQ Kepri di Karimun

Acara Pembukaan
Acara Pembukaan MTQ Kepri 

Karimun,Sidaknews.com – Antusias Masyarakat kepri pada pembukaan MTQ Kepri di Kabupaten Karimun semalam luar biasa, ribuan kafilah dari berbagai dari seluruh kabupaten dan kota se-Kepri meramaikan pawai takhruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Kepri yang berlangsung di Sasana MTQ Provinsi Kepri, di Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis semalam (20/3).

Acara pembukan diramaikan dengan berbagai monen seperti pada atraksi juga ditampilkan para peserta pawai.Salah satunya dari kafilah Bintan yang menampilkan berbagai adat istiadat daerah di hadapan Wakil Gubernur Kepri, Bupati Bintan Ansar Ahmad dan seluruh kepala Daerah Bupati/wali Kota.

Utusan Bintan juga menampilkan atraksi mulai dari tari Makyong Kotemporer, joget dangkong, sepeda ontlel, onel-onel melayu, pakaian-pakaian suku daerah di Bintan, kapal lancang kuning, hingga marching band.Menariknya, penampilan atraksi tari Makyong yang sudah sangat terkenal.

Bupati Karimun, Nurdin Basirun mengaku para kafilah dari Bumi Berazam -sebutan untuk Kabuaten Karimun- akan mempertahaknkan gelar juara umum pada pelaksanaan MTQ Provinsi Kepri kali ini.

“Kita optimis saja Kabupaten Karimun mampu meraih hasil yang terbaik. Berbagai persiapan telah kita lakukan mulai dari karantina para peserta yang akan mengikuti lomba, kemudian mendatangkan pelatih dari tingkat Provinsi sampai tingkat Nasional bahkan internasional untuk menguji kemampuan seluruh peserta,” ucap Nurdin.

Saat ini, tropi atau piala juara umum MTQ Provinsi Kepri tersimpan di rumah dinas Bupati Karimun. “Piala (juara umum) harus jadi hak milik Karimun, tidak berpindah tangan kepada kontingen lain,” ujar Nurdin saat menerima rombongan dari kabupaten/kota se-Kepri.

Sementara itu, pawai taaruf diikuti, sebanyak 21.686 orang dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Kepri. Kabupaten Karimun sendiri menurunkan tim penggembira sebanyak 17.730 orang. Peserta terbanyak kedua diduduki Kabupaten Bintan dengan 875 orang, disusul Kabupaten Lingga 827 orang. Selanjutnya, Kabupaten Kepulauan Anambas 712 orang, Kota Tanjungpinang 633 orang, Kota Batam 600 orang dan terakhir dari Kabupaten Natuna 267 orang.

Pawai ini menjadi bagian dari MTQ Provinsi Kepri V yang turut dinilai. Penilaian oleh dewan juri meliputi unsur tema, religi, harmonisasi, kemelayuan dan partisipasi.

Wakil Gubernur Kepri, HM Soerya Respationo yang melepas pawai taaruf tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan gambaran dari target yang akan diraih masing-masing kontingen.

“Diharapkan pawai taaruf ini dapat memberikan semangat para peserta yang akan bertanding pada MTQ Provinsi Kepri ini, yang tentunya dengan tujuan memberikan spirit bagi para qori dan qoriah,” kata Soerya.

Kata dia, kegiatan yang diawali dengan pawai taaruf dengan menampilkan keberagaman budaya dari berbagai daerah, merupakan miniatur dari berbagai suku bangsa yang ada di Provinsi Kepri. Tentunya dengan satu tekad ingin memajukan Kepri. Sehingga inilah yang dinamakan harmoni dalam keberagaman berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan itu Suryo juga menegaskan agar tidak ada caleg atau partai politik yang memanfaatkan momen tersebut untuk ikut serta. Penegasan itu disampaikannya lewat satu bait pantun, “Di waktu petang pergi merawai, lautnya tenang airnya biru, kalau ada parpol yang ikut pawai laporkan saja ke Panwaslu,” kata Soerya yang disambut tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin.

Setelah pawai, malam harinya dilanjutkan dengan acara malam taaruf defile kafilah di rumah dinas Bupati Karimun yang diikuti oleh seluruh kontingen dari kabupaten/kota se-Kepri. Untuk acara pembukaan MTQ, akan digelar malam, Jumat (21/3) sekitar pukul 20.00 WIB oleh Menteri Agama RI, Surya Dharma Ali.(**)

 

Check Also

img_20170328_001457

Dukung Visit Bireuen Year 2018 BIROAD Bireuen Ekspos Lokasi Wisata Air Terjun Ie Rhob

Bireuen, sidaknews.com – Bireuen Trail Organization Adventure (Biroad), kembali melakukan aktivitas adventure-nya dalam wilayah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>