Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Pemerintah anggarkan dana ratusan miliar bantu korban Sinabung

Pemerintah anggarkan dana ratusan miliar bantu korban Sinabung

Gunung Sinabung meletus. ©Reuters
Gunung Sinabung meletus. ©Reuters

Sidaknews.com – Pemerintah berjanji membantu korban bencana letusan Gunung Sinabung Sumatera Utara, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Bantuan itu membutuhkan dana yang tidak kecil, nilainya mencapai ratusan miliar rupiah.

“Tapi bapak presiden mengatakan dibutuhkan dana hingga ratusan miliar untuk mengatasi ini,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmansyah, saat dihubungi wartawan, Jumat (24/1).

Firmansyah mengatakan, keputusan memberi bantuan korban Sinabung itu seperti yang dirapatkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta menteri terkait saat berkunjung ke lokasi bencana, di Posko Pengungsian Gereja Paroki Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pagi ini.

Menurut Firmansyah, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan berapa dana yang dibutuhkan untuk para korban. Dana itu nantinya akan dikucurkan dari kementerian masing-masing yang berhubungan langsung.

Firmansyah mencontohkan, apabila akan memberikan bantuan terhadap petani, Kementerian Pertanian yang menyediakan dana itu. Kementerian Pertanian yang juga mendata berapa jumlah petani, kerugian yang dialami petani, dan sebagainya.

Kemudian, bantuan kesehatan akan diberikan dari Kementerian Kesehatan. Bantuan pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya.

Firmansyah menambahkan, akan ada beasiswa bagi mahasiswa yang keluarganya menjadi korban letusan Gunung Sinabung. Lalu, kepada para penduduk yang kehilangan pekerjaan, akan diberikan intensif. Pemberian intensif itu dilakukan dengan cara bekerja di tempat pengungsian.

Jika ada warga yang lahan pertaniannya rusak, ternaknya hilang, mereka juga akan mendapat suntikan modal dari perbankan. Dalam hal ini, pemerintah bekerjasama dengan OJK.

Firmansyah mengatakan, SBY juga mengeluarkan kebijakan relokasi dan menyediakan pemukiman bagi warga yang tempat tinggalnya berjarak 5-7 kilometer dari puncak Sinabung. Dari pemerintah mencari lahan seluas 25 hektare untuk tempat bermukim mereka.

Kata Firmansyah, SBY berharap dalam waktu sebulan atau dua bulan, bantuan ini dapat direalisasikan.sumber.merdeka.com

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *