Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Berita Foto » Pemerintah Tetap Upayakan Pemerataan pendidikan di Daerah Pedalaman

Pemerintah Tetap Upayakan Pemerataan pendidikan di Daerah Pedalaman

Keterangan Gambar: kepala dinas pendidikan kabupaten pidie Drs Laisani MSi
Keterangan Gambar: kepala Dinas Pendidikan kabupaten pidie Drs. Laisani, MSi

Pidie,Sidaknews.com – Kepala Dinas pendidikan P dan k kabupaten pidie Drs.- Laisani,MSi saat dikomfirmasi oleh awak media terkait rumah sekolah yang ada di pedalaman kurang perhatian pemerintah aceh.

Dalam penjelasan beliau mengatakan, ada banyak cara untuk mengurangi angka putus sekolah dan pemberantasan buta huruf di daerah terpencil, yaitu dengan memajukan pendidikan dan upaya pemerataan pendidikan.

Pemerintah telah melakukan upaya untuk mengatasai kesenjangan pendidikan antara kota dan daerah ini pada tahun 2007 dengan mengeluarkan kebijakan pembangunan pendidikan yang mencakup (1) pemerataan dan perluasan akses pendidikan, (2) peningkatan mutu dan relevansi pendidikan, dan (3) pemantapan good govermance.

Kebijakan itu diarahkan untuk mengupayakan perluasan dan pemerataan untuk memperoleh pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia.salah satunya di kabupaten pidie Seperti telah disebutkan dalam Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) Tahun 1999-2004 (TAP MPR No. IV/MPR/1999).

Berbunyi “mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu tinggi bagi seluruh rakyat Indonesia menuju terciptanya manusia Indonesia yang berkualitas tinggi dengan peningkatan anggaran pendidikan secara berarti”.

bahkan banyak anak-anak pedesaan yang tidak kalah suksesnya ketimbang anak-anak yang berada di lingkungan perkotaan.

Padahal anak-anak kota lebih banyak menikmati berbagai fasiltas lengkap, sedangkan anak desa hanya biasa-biasa saja.

“Bisa kita buktikan, banyak kalangan pemimpin berasal dari mereka anak-anak desa. Karena mereka memiliki semangat dan kemauan yang tinggi. Selain itu mereka juga jauh dari pengaruh buruk yang banyak terdapat di perkotaan,” tandasnya pak laisani.

oleh karena itu Pemerintah mempunyai komitmen untuk mendistribusikan bantuan pendidikan (Imbal Swadaya, Block Grant, dll) kepada sekolah sesuai dengan kuintasi yang dicairkan dan jangan sampai bantuan yang diberikan oleh pemerintah terhenti di tingkat birokrasi.

Pemerintah memberikan reward yang menarik agar memotivasi para guru yang profesional untuk dapat mengajar di daerah-daerah terpencil.

Selain itu kesejahteraan guru yang mengajar di daerah pedalaman juga harus diperhatikan, mungkin lebih baik kalau mereka didirikan rumah tinggal dekat dengan sekolah tempat mereka mengajar sehingga jarak tempuhnya tidak terlalu jauh.(fauzal herman)

Check Also

Presiden RI Ir Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara pada tanggal 24-25 Maret 2017.

Ini Menteri Yang Ikut Rombongan Presiden RI Ke Madina

Mandailing Natal, sidaknews.com – Kehadiran Presiden RI Ir Joko Widodo ke Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>