Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Berita Foto » Pemkab Anambas Hanya Pertahankan Subsidi Kapal Ferry

Pemkab Anambas Hanya Pertahankan Subsidi Kapal Ferry

fery anambasANAMBAS, SIDAKNEWS.COM- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas berupaya mempertahankan subsidi terhadap sarana transportasi laut (kapal ferry Seven Start Island) yang selama ini melayani rute Anambas ke Tanjungpinang. Atas hal tersebut, dipastikan harga tiket kapal ferry tersebut tidak mengalami kenaikan dari biasanya, sebesar Rp305.000.

Kondisi ini berbeda dengan harga tiket sarana transportasi udara yang dilakukan Sky Aviation, dimana mengalami kenaikan sebesar 36,3 persen dari harga sebelumnya, yaitu dari Rp1.020.000 menjadi Rp1.390.000. Kenaikan ini disebabkan pencabutan subsidi yang telah dilakukan oleh pemkab terhadap maskapai ini, mulai Selasa (20/8).

“Subsidi kepada maskapai Sky Avition berakhir, Senin (19/8) kemarin oleh karena itu, harga tiket naik sebesar 36,3 atau menjadi Rp.1.390.000. Sementara saat disubdisi, harga tiket Rp.1.020.000,” kata Asisten II Pemkab Anambas, Andi Agrial saat ditemui Haluan Kepri diruang kerjannya, kemarin.

Menurut Andi, tidak dilanjutkannya subsidi kepada maskapai Sky Aviation, karena selain anggaran dari APBD yang telah habis juga adanya desakan dari masyarakat Anambas agar subsidi dicabut. Ia menuturkan, saat masih menjalin kerjasama silam, pemkab mensubsidi sebanyak 35 seat dari jumlah total seat yakni sebanyak 48 seat.

“Total yang kita subdisi kepada maskapai ini sebanyak 35 tempat duduk atau sebesar Rp400 ribu per seat setiap kali keberangkatan. Jika jumlah penumpang kurang dari 35 orang, maka sisanya pemkab yang akan menanggung biaya seat dalam arti pemkab harus membayar sebesar Rp1 juta perseat tiap kali keberangkatan kepada maskapai,” papar Andi.

Ia juga menuturkan, pemkab belum bisa memastikan apakah kedepan subdisi ini kembali dilanjutkan sehingga harga tiket tidak terlalu melambung seperti saat ini namun semua itu tergantung dari pimpinan dan DPRD Anambas jika menyetujuinya. “Sejauh ini ada beberapa maskapai lain yang melirik Anambas, namun keputusannya belum final apakah mereka (maskapai) akan membuka rute ke Anambas atau tidak,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Andi juga menegaskan, jika subdisi kepada kapal cepat MV Seven Star Island tidak dicabut. Sebab, anggaran untuk subsidi kapal ferry masih tersedia hingga akhir September 2013 mendatang. Namun katanya, berhubung kapal cepat ini menjadi transportasi favorit warga Anambas, kemungkinan subsidinya akan terus dilanjutkan.

“Karena lonjakan penumpang yang tinggi, volume keberangkatan ditambah dari 2 kali dalam satu minggu menjadi 3 kali. Setiap 1 kali keberangkatan, subdisi yang kita glontorkan sebesar Rp25 juta. Sementara jika pulang pergi sebesar Rp50 juta. Dan yang perlu digaris bawah, subsidi yang kita gelontorkan untuk kapal ferry yakni Bahan Bakar Minyak (BBM-nya),” tutur Andi.

Terpisah, Atoi, salah satu agen tiket maskapai di Tarempa, Anambas yang dimintai keterangan membenarkan jika saat ini harga tiket Syk Aviation telah naik. Meski begitu katanya, permintaan akan tiket dari calon penumpang masih tetap tinggi.

“Benar bang, mulai hari ini (Selasa,red) harga tiket Sky sudah naik menjadi Rp1.390.000,” ucapnya. Sumber;Haluan Kepri

Check Also

Hadapi Lomba Pembinaan Teritorial (Binter), Dandim 0104/Atim Apelkan Anggota.

Hadapi Lomba Pembinaan Teritorial (Binter), Dandim 0104/Atim Apelkan Anggota

Langsa, sidaknews.com – Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE apelkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>