Home » Berita Foto » Pemkab Diminta Serius Tangani Abrasi di Cibuaya

Pemkab Diminta Serius Tangani Abrasi di Cibuaya

HUmas Forum Komunikasi Kelompok Kerja Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Kabupaten Karawang (FK-KKPMP) Wanu Suki.
Humas Forum Komunikasi Kelompok Kerja Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Kabupaten Karawang (FK-KKPMP) Wanu Suki.

KARAWANG,sidaknews.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang diminta serius menangani permasalahan abrasi (gelombang pasang air laut) yang terjadi di Desa Cemarajaya khususnya di Dusun Pisangan dan Dusun Mekarjaya Kecamatan Cibuaya Karawang.

Hal tersebut diungkapkan Humas Forum Komunikasi Kelompok Kerja Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Kabupaten Karawang (FK-KKPMP) Wanu Suki.

Menurut Wanusuki,sepanjang garis pantai tempat tinggal pemukiman penduduk di dua dusun tersebut saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan.Wilayah sekitar sudah tergerus ombak dengan panjang pantainya mencapai 4 km. Yang lebih parah lagi kata dia lokasi Abrasi di Dusun Pisangan Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya.

“Memang ini masalah alam harus dengan penanganan khusus,tapi Pemda Karawang harus punya niat iklas dan tulus untuk membangun masalah abrasi.Jangan sekedar -wacana,karna permasalahan Abrasi sudah lama.

Seharusnya Pemda Karawang merasa malu kepada rakyat Desa Cemarajaya yang sudah berupaya sekian lama menangani Abrasi dengan cara swadaya,” ujar Wanasuki penuh kecewa.

abrasi (gelombang pasang air laut) yang terjadi di Desa Cemarajaya khususnya di Dusun Pisangan dan Dusun Mekarjaya Kecamatan Cibuaya Karawang
Gelombang pasang air laut yang terjadi di Desa Cemarajaya khususnya di Dusun Pisangan dan Dusun Mekarjaya Kecamatan Cibuaya Karawang.

Akibat abrasi ini kata dia Abrasi mengakibatkan jalan raya penghubung Dusun Pisangan dan Desa Sedari sudah putus total dan tidak bisa di lalui oleh kendaraan roda empat(mobil)dan kendaraan roda dua(motor).

Padahal lanjut Wanusuki, hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan wajib di hormati,di junjung tinggi dan di lindungi oleh -Negara,hukum,pemerintah,dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat -manusia.

Disini lanjut dia, seharusnya negara khususnya Pemerintah Kabupaten Karawang,berkewajiban dalam upaya memwujudkan penghormatan, perlindungan,penegakan, pemajuan, dan pemenuhan, sebagai mana di atur oleh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945,Dan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang hak- asasi manusia, sebagai penjabaran sepuluh hak diantaranya hak untuk hidup dan hak atas kesejahtraan bagi masyarakat Dusun Pisangan Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya.

“Kami juga mohon kepada Anggota DPRD kabupaten Karawang,harus punya rasa peduli dengan masalah abrasi gelombang pasang air laut di Desa Cemarajaya khusus di Dusun Pisangan dan Dusun Mekarjaya bersama dengan Pemerintah Kabupaten Karawang,” harap dia mewakili warga korban abrasi.(karla)

 

 

 

 

 

Check Also

Ular Phyton yang sudah diamankan warga Tangjung

Penduduk Tanjungkapur Dikejutkan Penangkapan Ular Piton Liar

Bintan, sidaknews.com – Warga setempat menemukan dan menangkap seekor ular piton besar di depan sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>