Home » Berita Foto » Pemkab Karawang Bangun Rumah Singgah Untuk Anjal

Pemkab Karawang Bangun Rumah Singgah Untuk Anjal

Kadis
Kepala Dinas Sosial Dan Penanggulangan Bencana Kabupaten KArawang, Rochuyum Santoso.

KARAWANG,sidaknews.com – Pemerintah Kabupaten Karawang berencana membangun rumah singgah dan rumah aman bagi para anak jalanan (anjal) pada 2015 nanti.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk perhatian dan perlindungan kepada paar anjal. Dengan rumah singgah, keselamatan dan kesejahteraan anjal lebih terjamin, dibandingkan jika mereka tinggal di kolong jembatan atau di jalanan. Rencananya, pembangunan rumah singgah akan diusulkan dalam APBD Karawang 2015.

“Rumah singgah ini nantinya multi fungsi, bisa buat belajar, bermain dan tempat tinggal mereka,” ujar Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Karawang Rochuyun Santosa kepada sidaknews.com di sela-sela kegiatan pemilihan Ketua Karang Taruna di Aula KNPI.

Selain akan membangun rumah singgah untuk anjal dan gelandangan, Dinsos Karawang juga berencana memberikan modal usaha bagi mereka. Modal usaha itu, menurut Rochuyun adalah berdasarkan permintaan dari warga Karawang yang mempunyai masalah sosial. Semisal gepeng atau bahkan PSK.

“Ya itu juga rencananya terealisasi pada tahun 2015,” katanya.

Ketika disinggung maraknya anjal dan gepeng di Karawang, menurut dia itu akibat mereka tidak mempunyai keterampilan dan modal usaha. Sehingga rencana Dinsos PB Karawang untuk membangun rumah singgah dan memberikan modal usaha itu adalah cara yang tepat untuk mengurangi anjal di Karawang.

Rochuyun menambahkan, pentingnya rumah singgah atau rumah aman bagi anjal ini adalah juga untuk melindungi mereka (anjal) dari kasus pelecehan seksual, kekerasan dan kejahatan lainnya. Kasus seperti itu, kata dia sudah terjadi di daerah lain, dan jangan sampai terjadi di Kabupaten Karawang.

Dinas Sosial Karawang juga rutin menggelar pembinaan kepada seluruh anjal baik itu dari segi kebutuhan pendidikan ataupun kesehatan anjal yang ada di Karawang.(ega)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>