Selasa , 23 Mei 2017
Home » Berita Foto » Pemkab Purwakarta Dianggap Tak Tunduk Putusan Hukum

Pemkab Purwakarta Dianggap Tak Tunduk Putusan Hukum

Palu Keadilan.
Palu Keadilan.

PURWAKARTA,Sidaknews.com – Surat Putusan Pengadilan Negeri (PN) Purwakarta Nomor 15/PDT.G/2011/PN/PWK yang mengisyaratkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta harus membayar ganti rugi sebesar Rp1 miliar kepada Acep Maman (45) tak digubris para pemangku kebijakan setempat. Ketua DPC PDIP Purwakarta itu menganggap Pemkab tak mematuhi putusan hukum.

“Jika dalam tempo dua pekan sejak somasi yang saya layangkan tidak ada tindak lanjut dari pemangku kebijakan di Purwakarta, saya akan melakukan upaya hukum lainnya,” kata Acep Maman.

Menurutnya, berdasarkan Undang Undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan Pasal 53 Ayat 6, Pasal 80, Pasal 81 Ayat 3, Pasal 82 Ayat 2, Pasal 17 Ayat 2 Poin C dan Pasal 18 Ayat 3 telah jelas diatur tentang hak dan kewajiban pemerintah atas suatu perkara yang telah diputuskan oleh pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap wajib untuk diselesaikan.

Keterangan Foto: Ketua DPC PDIP Purwakarta, Acep Maman.
Keterangan Foto: Ketua DPC PDIP Purwakarta, Acep Maman.

“Atas dasar tersebut diatas, sebelumnya saya layangkan somasi kepada Bupati Purwakarta agar bisa memenuhi kewajibannya untuk segera merealisasikan pembayaran ganti rugi secara materil sesuai Surat Putusan PN Purwakarta Nomor 15/PDT.G/2011/PN/PWK,” bebernya.

Pria yang beralamat di Kampung Tabrik RT11 RW05 Desa Babakan Cikao itu menambahkan, putusan tersebut telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.

“Somasi juga saya tembuskan ke Mahkamah Agung di Jakarta, PT Jawa Barat di Bandung dan PN Purwakarta,” cetusnya.

Sementara itu, terkait belum diterimanya somasi yang dilayangkan Acep Maman oleh Pemkab Purwakarta per 16 Maret 2015 lalu. Dirinya menegaskan bahwa ia sudah memiliki tanda terima surat somasi tersebut. “Terkait somasi yang saya layangkan ke Pemkab, tanda terimanya ada,” pungkasnya. (Karla)

Check Also

Gubernur Aceh Minta Dinas Terkait Pastikan Harga Daging Meugang Dibawah 130 Ribu Per Kilogram

Banda Aceh, sidaknews.com – Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta dinas terkait untuk memastikan harga daging …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *