Kamis , 25 Mei 2017
Home » Berita Foto » Pemkab Sergai Peringati Upacara Bulan K3 Tahun 2015

Pemkab Sergai Peringati Upacara Bulan K3 Tahun 2015

-Bupati Serga : Budayakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut Yosef Rizal, Kadisnakerkopsos Aguslan Simanjuntak, dan Pimpinan PT Indah Pontjan Thurman Marpaung, menyerahkan piagam penghargaan zero accident kepada 20 pimpinan perusahaan di Sergai pada peringatan Bulan K3 tahun 2015 di lapangan Perkebunan PT. Indah Pontjan Desa Deli Muda Hilir Kecamatan Perbaungan, Kamis (26/3)
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut Yosef Rizal, Kadisnakerkopsos Aguslan Simanjuntak, dan Pimpinan PT Indah Pontjan Thurman Marpaung, menyerahkan piagam penghargaan zero accident kepada 20 pimpinan perusahaan di Sergai pada peringatan Bulan K3 tahun 2015 di lapangan Perkebunan PT. Indah Pontjan Desa Deli Muda Hilir Kecamatan Perbaungan, Kamis (26/3)

Sergai,Sidaknews.com – Upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2015 di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) berlangsung di Lapangan Sepak Bola PT. Indah Pontjan Desa Deli Muda Hilir Kecamatan Perbaungan, Kamis (26/3).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Ketua DPRD H. Syahlan Siregar ST, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut Yosef Rizal, para Kepala SKPD, Camat Perbaungan Drs. H. Akmal, para Pimpinan Perusahaan dan para Pekerja dari perwakilan perusahaan berlangsung khitmad.

Dalam kesempatan itu, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia M. Hanif Dhakiri dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan peringatan Hari K3 yang diperingati setiap tanggal 12 Januari merupakan tahun pertama bagi bangsa Indonesia untuk berjuang, berperan aktif serta bekerja secara kolektif dan terus menerus dalam mewujudkan Indonesia Berbudaya K3 tahun 2015 menuju tercapainya visi K3 “Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020”.

Sejalan dengan agenda NAWACITA Pemerintahan Kabinet kerja antara lain peningkatan kualitas hidup manusia, produktifitas dan daya saing, kemandirian ekonomi dan revolusi karakter bangsa. Maka salah satu tantangan besar yang kita hadapi disektor ketenagakerjaan saat ini adalah kualitas sumber daya manusia (SDM), baik yang akan memasuki dunia kerja maupun yang telah bekerja. Untuk itu dibutuhkan usaha-usaha nyata guna peningkatan kualitas SDM melalui berbagai aspek. Optimalisasi lembaga-lembaga pelatihan, lembaga pendidikan perlu dilakukan guna menciptakan kualitas SDM yang kompeten, produktif dan berdaya saing.

Lebih lanjut Bupati Sergai mengatakan K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan disamping perlindungan pengupahan, jaminan sosial, kebebasan berserikat, hubungan kerja dan lainnya, serta merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja yang ruang lingkupnya telah berkembang sampai pada keselamatan dan kesehatan masyarakat secara naional.

Mengakhiri sambutan, Menteri Ketenagakerjaan berharap dengan memasuki Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) diharapkan kita telah siap untuk mengatasi dan menghadapi segala kemungkinan dan tantangan yang terjadi dalam perdagangan bebas khususnya dikawasan negara-negara ASEAN atau Asean Free Trade Area (AFTA). Dan dengan diperingatinya Bulan K3 setiap tahunnya di Kabupaten Sergai diharapkan menjadi budaya ditengah-tengah masyarakat.

Sebelumnya Pimpinan PT Indah Pontjan Turman Marpaung menyampaikan ucapan selamat datang atas kehadiran Bupati Sergai Ir. H. Soekirman beserta rombongan. Dijelaskan bahwa peringatan Bulan K3 Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 12 Januari-12 Februari setiap tahunnya sebagaimana tertuang dalam Keputusan Mentenakertrans tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2015-2019.

Usai upacara peringatan K3 diakhiri dengan penyerahan Piagam Zero Accident (nihil kecelakaan kerja) kepada 20 perusahaan serta pemberian klaim kecelakaan kerja dari BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut, diakhiri dengan pertunjukan demo penyelamatan high rescue oleh Tim Rescue PT. Indah Pontjan. (RB)

Check Also

Kapolda Sumut Arahkan Kapolres Tingkatkan Kewaspadaan dan Keamanan Kota Medan Pasca Ledakan Bom di Jakarta

Medan, sidaknews.com – Untuk menjaga kondusifitas kota Medan pasca ledakan Bom bunuh diri yang terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *