Selasa , 30 Mei 2017
Home » Berita Foto » Pemkab Simalungun Tak Bernyali Hentikan Galian C di Perdagangan

Pemkab Simalungun Tak Bernyali Hentikan Galian C di Perdagangan

Keterangan Foto: Pengguna Galian C dengan menggunakan alat barat (Beko)
Keterangan Foto: Pengguna Galian C dengan menggunakan alat berat (Beko)

Simalungun,Sidaknews.com – Aktivitas penambangan galian C di Perdagangan kecamatan Bandar kab Simalungun masih terus beroperasi.Padahal aktivitas penambangan galian C ini diduga tidak memiliki ijin.Pantauan TCI aktivitas penambangan galian C yang menegeruk pasir dipinggir sungai dan bukan ditengah tengah sungai.

Hal inilah yang dikwatirkan warga sekitar galian dapat menyebabkan longsor.Warga kwatir kalau pengusaha galian C ini masih tetap.mengeruk pasir dipinggir sungai kami takut rumah kami akan longsor pak,kata salah seorang warga RM(42) kepada kru SIdak News yang ditemui dilokasi kamis 12/3.

Saya harap agar pihak Pemkab Simalungun segera menindak dan menghentikan kegiatan galian C ini.Sepengetahuan saya galian C yang beroperasi disungai Perdagangan ini milik Nanda,dan Abdul Aziz Nasution(Ameng).

Kedua pengusaha ini mengontrakan kepada pihak ketiga yang berasal dari kota Kisaran kab Asahan.Disinggung siapa nama pihak ketiga yang mengontrak usaha galian C ini warga sama sekali tidak mengetahuinya.

Menurut RM dulu ijin galian C pasir ini adalah ijin mekanik menggunakan alat penyedot pasir.Tapi sekarang kenyataannya pengusaha galian C ini malah menggunakan alat berat.Kalau ijin yang mereka gunakan ijin mekanik,maka tidak diperbolehkan mengeruk pasir pakai alat berat.

Tindakan pengusaha galian C ini jelas jelas telah melanggar Undang Undang dan harus dikenakan sangsi ujar warga yang mengaku kesal dengan Pemkab Simalungun yang sampai saat ini belum menindak pelakunya.

Kalau ini dibiarkan saya menduga kalau aparat Pemerintah Pemkab Simalungun ada main mata sama pengusaha galian C.Selain merusak lingkungan usaha galian C ini juga membuat kerugian keuangan Pemkab Simalungun,karena tidak ada PAD nya bagi Pemkab Simalungun

Sementara Kabid Perijinan BPPIT Simalungun R Sitorus yang ditemui diruang kerjanya berterimakasih atas informasi ini.Saya berjanji akan secepatnya turun kelokasi untuk melihat langsung aktivitas galian C ini. Kalau nanti ada kita temukan kejanggalan,maka kita akan kerja sama dengan Sat Pol PP untuk menghentikan kegiatan itu tegas Sitorus….(Hasudungan)

Check Also

Danrem 011 Buka Latihan Posko Kodim 0104/Atim

Langsa, sidaknews.com – Komandan Korem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono,S.i.P, M.Si Pimpim Pembukaan Latihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *