Jumat , 26 Mei 2017
Home » Daerah » Aceh » Pemkab Tamiang Ikut Serta Dalam Membantu Korban Banjir

Pemkab Tamiang Ikut Serta Dalam Membantu Korban Banjir

Inilah kondisi banjir
Inilah kondisi banjir di aceh temiang tadi pagi, Minggu 28/12.

Banda Aceh,Sidaknews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar memprediksi dua hari, ke depan, 26-28 Desember 2014, Aceh masih berpeluang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Masyarakat diminta tetap berhati-hati dengan kondisi cuaca tersebut.

Dari amatan satelit Citra, BMKG melihat masih tingginya pertumbuhan awan hujan di atas atmosfer Aceh.Menurut prakirawan Khairul Akbar, hal ini terjadi karena masih adanya dinamika atmosfer yang mendukung pertumbuhan awan hujan.

Banjir genangan akibat hujan deras maupun luapan sungai dilaporkan terus meluas di Aceh. Gelombang pengungsian tak terbendung.terlihat dari dinas sosial aceh tamiang dan bnpb aceh tamiang bekerja sama dengan POLRES aceh tamiang dan TNI turun serta membantu korban banjir.

Pangdam iskandar Muda juga turut prihatin dengan korban banjir di aceh tamiang,dan memberi bantuan dari Pangdam Iskandar diserahkan ke Dandim 0104 /Aceh Timur Letkol Inf Mahesa Fitri kepada korban banjir di Kabupaten Aceh Tamiang,

Acara penyerahan bantuan untuk korban banjir yang terjadi di Aceh Tamiang itu diserahkan Dandim 0104/ AcehTimur Letkol Inf Mahesa untuk korban banjir yang berada di kamp pengungsi Kampung Suka Jadi, Kecamatan Karang Baru.

Menurut Dandim, bantuan dari Pangdam Iskandar Muda untuk korban banjir di Aceh Tamiang yang kini berada di pengungsian diberikan bantuan berupa beras, minyak goreng, mi instan, ikan sarden dan telur. “Ini bantuan dari Pangdam Iskandar Muda untuk korban banjir di daerah ini,” kata Dandim ketika menyerahkan bantuan tersebut di Kampung SukaJadi, Kec.Karang Baru.

Dandim juga menyatakan bantuan yang diberikan jangan dinilai dari jumlahnya, tetapi bantuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi warga korban banjir di kamp pengungsian ini. Mahesa menyebutkan bantuan yang diberikan bukti adanya kepedulian TNI kepada rakyat korban banjir akibat meluapnya sungai Tamiang.

Data sementara hingga Jum,at kemarin, jumlah pengungsi sudah mencapai 19.138 kepala keluarga (KK) yang tersebar di Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

Di Aceh Timur, sebanyak 20 dari 23 kecamatan terimbas dengan jumlah pengungsi hingga Senin kemarin telah mencapai 17.638 KK. Sedangkan pengungsi korban banjir Aceh Tamiang mencapai 1.500 KK atau sekitar 6.700 jiwa.

Rendaman banjir tersebut ada yang baru terjadi sejak dua hari terakhir dan ada pula yang terus berlanjut sejak lima hari lalu, seperti di wilayah timur Aceh.

Gelombang pengungsi tak terbendung, arus transportasi antar-kecamatan terganggu, dan ribuan hektare lahan pertanian berubah layaknya sungai. “Banjir terus meluas di Aceh Tamiang karena curah hujan masih tinggi,” kata poniran

Dari Aceh Tamiang dikabar kan hingga jum,at kemarin stok logistik untuk korban banjir mulai menipis sementara kawasan yang terendam terus bertambah. Data sementara hingga tadi malam, jumblah pengungsi sudah mencapai 1.500 KK atau sekitar 6.700 jiwa.

Kadis Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Tamiang, Ikhwan kepada sidaknews.com, jum,at(19/12) mengatakan, logistik untuk pengungsi korban banjir terus menipis bahkan beras sejak jum,at (19/12) kosong. “Stok logistik yang tersisa diperkirakan hanya bertahan untuk dua hari ke depan,” katanya.

Selain di Dinas sosial, stok logistik di BPBD Aceh Tamiang juga menipis, hanya bertahan untuk keadaan darurat sedangkan stok beras sama sekali tidak ada. Kepala BPBD Aceh Tamiang, Jalaluddin meminta pengusaha perkebunan yang ada di Aceh Tamiang agar mau membantu beras untuk korban bencana.

Hingga kemarin kawasan hilir Aceh Tamiang mulai terendam banjir terutama di Kecamatan Seruway. Informasi dari Datok Peukan Seruway, Adek menyebutkan, banjir di wilayahnya sudah merendam lebih 657 rumah di Desa Gelong, Kampong Baru, Muka Sungai Kuruk, Paya Udang, Tangse Lama, Peukan Seruway, dan sebgaian Desa Binje.(Herman/hasbi)

Check Also

Makjang…!!!, Gegara Dibakar Api Cemburu, Seorang Perempuan Dianiaya di Dalam Kios

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Seorang Wanita berinisial SB alias I (22) warga Pijorkoling kecamatan psp tenggara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *