Minggu , 28 Mei 2017
Home » Berita Foto » Pemko Tebingtinggi Gelar Bimtek Standar Akuntansi

Pemko Tebingtinggi Gelar Bimtek Standar Akuntansi

Tanda Peserta Bimtek “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan menerima Action Plan terhadap perbaikan kualitas laporan keuangan Pemko Tebingtinggi TA 2013 dari Kepala Perwakilan BPKP Propinsi Sumatera Utara Mulyana pada kegiatan Bimtek Peraturan Pemerintah No.71/2010 tentang standar Akuntansi Pemerintahan di lingkungan Pemerintahan Kota Tebingtinggi”.
Tanda Peserta Bimtek “Walikota Tebingtinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan menerima Action Plan terhadap perbaikan kualitas laporan keuangan Pemko Tebingtinggi TA 2013 dari Kepala Perwakilan BPKP Propinsi Sumatera Utara Mulyana pada kegiatan Bimtek Peraturan Pemerintah No.71/2010 tentang standar Akuntansi Pemerintahan di lingkungan Pemerintahan Kota Tebingtinggi”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM membuka bimbingan teknis (bimtek) Peraturan Pemerintah No.71/2010 tentang standar Akuntansi Pemerintahan di lingkungan Pemerintahan Kota Tebingtinggi, Senin (10/11) di gedung Hj Sawiyah Nasution Jalan Sutomo kota setempat.

Acara bimtek yang berlangsung selama empat hari tersebut melibatkan sekitar 120 peserta terdiri dari, pejabat penatausahaan keuangan (PPK) dan bendahara penerimaan dan pengeluaran pembantu, serta bendahara penerimaan dan pengurus barang yang ditunjuk oleh SKPD dilingkungan Pemko Tebingtinggi.

Kepala Bagian Administrasi Keuangan Setdako Tebingtinggi Malkan Hasibuan SH selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, bahwa maksud dan tujuan dari bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi pengelola keuangan Pemerintah Kota Tebingtinggi tentang penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual di tahun 2015 untuk pengelolaan keuangan pemerintah daerah mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai dengan pertanggungjawaban.

Sementara itu, Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutannya mengatakan, bahwa sesuai amanat peraturan pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada pemerintah daerah, maka seluruh pemerintah daerah se Indonesia harus menerapkan akuntansi berbasis akrual paling lambat tahun anggaran 2015. Untuk mempersiapkan hal tersebut maka Pemko Tebingtinggi mengadakan bimbingan teknis.

“Saya harap seluruh peserta mengikuti jalannya acara dengan baik, karena bimtek ini sangat penting sebagai start awal untuk penerapan akuntansi berbasis akrual pada tahun 2015 mendatang,” kata Umar Zunaidi.

Walikota Tebingtinggi juga menyampaikan terima kasih kepada para pembawa materi dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara yang telah berkenan memberikan materi meliputi pre test, system prosedur akuntansi pemerintah daerah berbasis akrual, proses akuntansi keuangan daerah, bagan akun standard, jurnal standard serta simulasi pembukuan dan penyusunan LKPD kepada para peserta. (Hans)

Check Also

Yayasan Advokasi Rakyat Aceh Desak Gubernur dan DPRA Selamatkan UUPA

Banda Aceh, sidaknews.com – Pasca pengesahan UU No 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, telah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *