Kamis , 25 Mei 2017
Home » Berita Foto » Pendapatan anggota diaspora Indonesia lebih tinggi ketimbang AS

Pendapatan anggota diaspora Indonesia lebih tinggi ketimbang AS

TKI. merdeka.com/Arie Basuki
TKI. merdeka.com/Arie Basuki

Pendapatan anggota Jejaring Diaspora Indonesia (IDN) di Amerika Serikat rata-rata mencapai USD 59 ribu, lebih tinggi ketimbang anggota diaspora negara Paman Sam tersebut yang sebesar USD 49 ribu. Ini dinilai menjadi potensi besar untuk memajukan perekonomian Indonesia

“Kalau ini kita garap dengan baik, akan tumbuh luar biasa besar. Saat ini telah terbangun kesadaran para diaspora untuk memadukan akses-akses dan peluang yang mereka miliki dengan akses-akses dan peluang yg ada di tanah air,” ujar Duta Besar Indonesia untuk AS Dino Patti Jalal saat acara “Diaspora Indonesia” di Jakarta, Minggu (18/8).

IDN adalah sebuah komunitas Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang dibentuk di Amerika Serikat pada 2012. Ada tiga kategori diaspora Indonesia yang dikenal yakni WNI yang bekerja di luar negeri, orang Indonesia keturunan atau yang bukan lagi warga negara Indonesia dan orang-orang yang mencintai Indonesia walaupun bukan WNI dan tidak punya keturunan Indonesia.

Diperkirakan, saat ini anggota IDN sudah diatas 8 juta orang tersebar di 56 negara. Efeknya, diaspora Indonesia menduduki peringkat ke-18 dari 280 negara dalam hal penyumbang pemasukan negara.(merdeka)

Check Also

Pemkab Sergai Survey Harga Sembako di Pasar Tradisional

–Persediaan Sembako Selama Ramadhan di Sergai Aman Sergai, sidaknews.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1438 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *