Jumat , 24 Maret 2017
Home » Berita Foto » Penimbunan BBM Mengaku, Bantu Semua Wartawan Dan Aparat

Penimbunan BBM Mengaku, Bantu Semua Wartawan Dan Aparat

BBM
Salah satu Gudang Penimbunan BBM di Batam. Dok Sidaknews.com

Batam,Sidaknews.com – Sejumlah perusahaan di Batam hanya manfaatkan Izin niaga untuk melakukan penimbunan bahan bakar minyak (BBM) ilegal.

Dengan keberadaan penimbunan BBM tumbuh bagaikan bak jamur di Batam khusus di wilayah Batuaji Kelurahan Sai Lekop dan Pelabuhan Sagulung Gang Jengkol samping rumah bertingkat pelabuhan Pardi tanjung uncang, Jembatan dua milik Wagimin serta simpang PGN Panaran menuju Barelang, Cipta Asri.depan SPBU villa muka kuning, depan Vihara dibalik Bukit pelabuhan Tanjung Riau.

Dalam pantauan Media ini di lapangan, Untuk mengelabui warga dan petugas,mereka punya ciri tersendiri, rata-rata gudang penimbunan BBM ilegal berada di lokasi tersembunyi dan jauh dari jalan raya, sehingga sulit terpantau oleh petugas.

Selain dijaga ketat penjaga, ada beberapa gudang terpajang plang seperti memasang plang perusahaan niaga, salah satunya yang terpajang di Kavling Sei Pelopor Kelurahan Sei Lekop, Sagulung, sekitar 500 meter dari jalan terdapat gudang yang berdindingkan seng.Didepan gudang tersebut terdapat plang perusahaan, serta depan gang Jengkol samping rumah bertingkat menuju pelabuhan Sagulung.

Dalam tulisan di plang tersebut juga tertera semua nomor surat domisili gudang, domisili kantor, HO, izin Disperindag, SIUP, Akta Notaris, TDP, Kep. Menkumham, Penunjukan keagenan, izin niaga umum dan izin keagenan, “Jika sepintas gudang tersebut memang benar sebagai agen niaga”.

Setelah Media ini menelusuri aktivitasnya gudang tersebut terdapat tiga bunker berukuran besar, Bahkan terlihat aktifitas beberapa mobil sedan dan beberapa angkot sedang memindahkan solar ke dalam bunker tersebut dengan menggunakan mesin pompa.

Saat melakukan aktifitas para karyawan di lokasi, Media ini mencoba untuk mengambil potonya, “Namun beberapa orang karyawan menghalangi untuk tidak mengambil gambar.

Jangan diambil ya fotonya, ujar salah satu pria yang mengaku karyawan di tempat tersebut.semua media di bantu dan aparat juga oleh atasan kita.

Saat dikonfirmasi Media ini seorang Pria yang hanya mengenakan baju kaos dan celana pendek itu, menceritakan semua solar sebagian diambil dari subsidi di SPBU yang diantar taksi, sedan dan angkot yang sudah memiliki tangki yang dimodifilkasi.

“Menurut Pria tersebut, di Gudang ini ada juga solar non subsidi, kemudian solar subsidi, dan semuanya kita gabungkan, dan selanjutnya kita dijual ke beberapa perusahan dengan harga industri.

Penimbunan BBM di Batam
           Marak Penimbunan BBM di Batam.                      dok. sidaknews.com         

Masih menurut Pria tersebut, semua gudang penimbunan BBM yang ada, sama seperti praktiknya, Saya disini hanya sebagai pekerja saja, kalau mau yang lebih jelas tanyakan langsung ke pak atasan kita.

Dia mengatakan, setiap mobil pelansir paling sedikit membawa satu ton solar. Namun semua itu tergantung ukuran tangki yang sudah dimodifikasi. Untuk pembayaran ke setiap sopir mobil pelansir langsung dilakukan Bosnya.

Untuk pembayaran kepada sopir mobil plansir saya tidak tahu, Semua itu bos saya yang tangani langsung.

Masih menurut Pria tersebut, Semua gudang penimbunan BBM yang ada, sama seperti praktiknya, Saya disini hanya sebagai pekerja saja, kalau mau yang lebih jelas tanyakan langsung ke atasan kita.Ungkapnya.

Beberapa Gudang penimbunan BBM hanya mengantongi izin niaga, tampak seperti dikawasan Panaran jalan trans Barelang, beberapa taksi, sedan dan mobil besar terlihat mondar – mandir keluar masuk ke gudang tersebut.

Untuk mengkelabui warga, pemilik gudang penimbunan BBM tersebut harus membuat pintu berlapis, dimana Gudangnya tampak dikelilingi oleh pagar seng.

Saat INvestigasi media ini, pintu gudang langsung dirantai dan digembong.

Hasil penelusuran kami, masih ada gudang penimbunan BBM di Batam, seperti di depan perumahan Taman Cipta Asri atau di tepi jalan menuju ke Barelang, di wilayah Batuaji, keberadaan gudang penimbunan BBM solar ini tersebar di dua titik yakni di sepanjang jalan menuju Sekupang dan di kawasan industri perkapalan di Tanjunguncang,

diwilayah Tanjung uncang di kawasan Industri galangan kapal PT BNI dan PT Espirit, dan gang Jengkol Pelabuhan Sagulung.
Sedikitnya ada tiga gudang di kawasan itu. Satu gudang dekat PT Espirit dan dua gudang di kawasan PT BNI. Gudang-gudang tersebut dijaga ketat oleh aparat dan sekuriti.

Dalam hal ini, diminta kepada pihak Walikota Batam dan kepolisian agar tegas memberikan sangsi terhadap para pelaku Penimbunan BBM yang marak di kota Batam.(TIM)

 

Check Also

Kunjungan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang ke Kota Tebingtinggi diterima Pj Walikota H Zulkarnain bersama Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati, Kajari Tebingtinggi Fajar Rudi Manurung dan Wakil Ketua DPRD Mhd Hazly Azhari Hasibuan.

Kunjungan KPK RI Saut Situmorang Ke Kota Tebingtinggi

Tebingtinggi, sidaknews.com – Kunjungan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang ke Kota Tebingtinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>