Jumat , 24 Maret 2017
Home » Berita Foto » Penjelasan Dinas PU Lutim, Terkait Proyek Aspal Beton Di Desa Tokalimbo

Penjelasan Dinas PU Lutim, Terkait Proyek Aspal Beton Di Desa Tokalimbo

Pekerjaan proyek pengaspalan beton yang di sorot warga di Desa Tokalimbo, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur (Lutim).
Pekerjaan proyek pengaspalan beton yang di sorot warga di Desa Tokalimbo, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur (Lutim).

Luwu Timur,Sidaknews.com – Pekerjaan proyek pengaspalan beton yang di protes warga beberapa waktu lalu di Desa Tokalimbo, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Provinsi Sulawesi Selatan (Susel), yang di kerjakan oleh PT Yuda Bakti Mandiri, mendapat tanggapan dari Dinas terkait.

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Luwu Timur melalui kepala bidang (Kabid) bina marga Hasyim ST mengatakan, dengan adanya informasi tersebut pihaknya segera turun ke lapangan (lokasi proyek di Tokalimbo-red).

“Saya juga baru tahu soal itu (proyek yang diduga menyalahi bestek-red), sebentar saya tanya anggota (pengawas teknis dari Dinas PU-red) dan konsultan pengawas yang di tugaskan disana,” ujar Hasyim dari balik ponsel miliknya saat di hubungi sidaknews.com, Senin (15/12/14).

Hasyim juga mengatakan, akan turun ke lokasi untuk melihat langsung kondisi proyek yang menelan anggaran APBD sebesar Rp14 milliar lebih (Rp 14.917.777.000) itu.

“Karena saya baru tahu, insyaallah besok saya ke lapangan (lokasi proyek yang di maksud-red),” katanya.

Selain Hasyim, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Andi Juanna Fahruddin ST MT juga mengaku, sudah melihat langsung proyek yang di soalkan warga yang terletak di seberang danau Towuti itu.

“Kemarin (Senin, 15 Desember 2014) saya kesana melihat langsung proyek tersebut menggunakan LPB (lapisan pondasi bawah alias timbunan berbutir atau sirtu kelas C). Dilokasi itu juga ada proyek galian untuk air bersih (pemasangan pipa) yang hasil dari galiannya itu ada masuk ke bahu jalan, apalagi jalan tersebut adalah jalan utama yang ramai di lalui kendaraan.

Mobil dan motor yang lewat itulah yang menggilas (meng-injak) timbunan sehingga memang sedikit mengganggu pelaksanaan kegiatan disana,” jelas pria yang karib disapa Andi Juanna ini, Selasa (16/12/14) tadi.

Namun demikian, Andi Juanna juga menuturkan, jika dirinya sudah mengingatkan pihak Kontraktor pelaksananya, yakni PT Yuda Bakti Mandiri agar sebelum melanjutkan pekerjaan berikutnya, terlebih dahulu membersihkan permukaan beton lapis bawahnya(bangunan dasar Aspal beton yang nampak saat ini-red).

“Itu baru lapis dasarnya yang menggunakan beton K300, saya juga sudah sampaikan agar membersihkan terlebih dahulu tanah yang dapat mengganggu kwalitas proyek nantinya,” tuturnya.

Dia pun menegaskan, jika pihak pelaksana (PT Yuda Bakti Mandiri) tidak melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati dalam Kontrak kerja, ia tidak segan-segan mengambil langkah tegas dengan memutus kontrak tersebut sampai memakkannya ke Daftar Hitam (Blacklist).

Terkait dengan waktu pelaksaan proyek yang telah berakhir, pria yang akrab dengan sejumlah awak media (Wartawan) ini menjelaskan, jika semua hal tersebut telah diatur didalam kontrak.

“Soal waktu pelaksanaan kita mengacu ke-kontrak, sementara ini kami pelajari dan meminta petunjuk dengan pihak-pihak terkait, termasuk menuggu petunjuk dari Badan Pemerik Keuangan (BPK),” jelas Andi Juanna yang menghubungi SIDAK NEWS.COM pagi tadi, melalui ponsel pribadinya dan mengaku sedang berada di kantornya.

Sebelumnya, Proyek pekerjaan aspal beton yang terletak di Desa Tokalimbo, Lutim, yang di kerjakan oleh PT Yuda Bakti Mandiridi yang di anggarkan melalui APBD Lutim 2014 sebesar Rp14 milliar lebih itu disorot oleh sejumlah warga setempat karena diduga salah konstruksi (menyalahi bestek/kontrak kerja).(Am.d)

Check Also

Kunjungan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang ke Kota Tebingtinggi diterima Pj Walikota H Zulkarnain bersama Kapolres Tebingtinggi AKBP Ciceu Cahyati, Kajari Tebingtinggi Fajar Rudi Manurung dan Wakil Ketua DPRD Mhd Hazly Azhari Hasibuan.

Kunjungan KPK RI Saut Situmorang Ke Kota Tebingtinggi

Tebingtinggi, sidaknews.com – Kunjungan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Saut Situmorang ke Kota Tebingtinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>