Home » Berita Foto » Penjelasan Menteri Keuangan soal Rupiah dekati Rp 13.000 per USD

Penjelasan Menteri Keuangan soal Rupiah dekati Rp 13.000 per USD

uang bank. (Foto: merdeka.com)
uang bank. (Foto: merdeka.com)

Jakarta – Rupiah kembali tidak berdaya menghadapi dolar AS. Nilai tukar Rupiah makin mendekati angka Rp 13.000 untuk 1 dolar AS.

Data Bank Indonesia, nilai tukar Rupiah terhadap USD hari ini menyentuh angka Rp 12.993. Namun kondisi ini dianggap tidak menggambarkan perekonomian nasional. Pemerintah buru-buru memberikan penjelasan soal kondisi ini. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menuturkan, pelemahan nilai tukar lebih disebabkan sentimen negatif perekonomian global.

“Memang kondisi hari ini ada proyeksi yang negatif terhadap pertumbuhan China, jadi mata uang negara-negara yang punya kaitan dengan China yang besar termasuk Indonesia ya melemah,” ujar Bambang di kantor wapres, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (2/3/).

Bambang mengatakan, pemerintah akan berkoordinasi dengan Bank Indonesia agar fluktuasi Rupiah terhadap USD tidak terus belanjut. Dia yakin BI akan melakukan intervensi apabila diperlukan.

“Bukan masalah nggak apa-apa, cuma kondisi seperti itu, nanti BI yang intervensi di pasar kalau diperlukan,” jelas Bambang.

Bambang kembali meyakinkan bahwa anjloknya nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS bukan karena kondisi perekonomian dalam negeri. Fundamental ekonomi Indonesia dalam kondisi bagus.

“Makanya ini bukan masalah dalam negeri, ini masalah luar karena ada sentimen negatif terhadap China yang membuat orang spekulasi, ekonomi yang terkait China seperti Indonesia akan terganggu,” tutup Bambang.

(sumber:merdeka.com)

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>