Home » Berita Foto » Penyidik Polisi Serahkan Lagi Berkas Dedi Candra Ke Jaksa

Penyidik Polisi Serahkan Lagi Berkas Dedi Candra Ke Jaksa

AKP Oxy Yudha Pratesta kasat Reskrim Tpi
AKP. Oxy Yudha Pratesta kasat Reskrim Tanjungpinang.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Satuan Reskrim Polres Tanjungpinang kembali menyerahkan berkas dugaan korupsi pengadaan lahan untuk unit sekolah baru (USB) di Tanjungpinang dengan tersangka Dedy Chandra ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang, Kamis (5/6).

Penyerahan berkas tersebut setelah tim penyidik polisi melengkapi semua bukti dan petunjuk yang diberikan oleh penyidik di Kejari Tanjungpinang pada saat pengembalian berkas itu P-19 sebelumnya.

“Semua petunjuk yang diberikan jaksa dalam perkara tersebut, sudah kita penuhi semuanya, termasuk melakukan penyitaan sejumlah dokumen yang dibutuhkan melalui izin dari Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang,”kata Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Oxy Yudha Pratesta, Kamis (5/6).

Menurut Oxy, Ada beberapa poin yang perlu dilengkapi, termasuk penambahan keterangan satu orang saksi yang diperlukan. Disamping itu, petunjuk atau permintaan Jaksa beberapa barang bukti Akte Jual Beli (AJB) tanah yang dilegalisir oleh pihak notaris. Juga sudah dipenuhi.

“Akte ini nanti digunakan sebagai data pembanding dengan data BPKP,” ucap Oxy.

Bahkan, lanjut Oxy, petunjuk jaksa dalam kasus ini agar dimasukan pasal 55 sudah terpenuhi dalam resume berkas perkara tersangka lain dalam perkara yang sama, yakni atas nama Gustian Bayu.

Ia melanjutkan, sesuai petunjuk KPK, ketentuan pasal 55 KUHP bukan unsur pidana namun digunakan untuk menjerat keterlibatan pihak lainnya. Karena menurutnya dalam tindak pidana korupsi, pelaku cenderung lebih dari satu orang.

“Untuk itu, penyidik melakukan pendalaman terhadap keterlibatan pihak-pihak lain sebagai turut serta dalam terjadinya perbuatan dugaan tindak pidana korupsi serta diatur dalam ketentuan pasal 55 KUHP. Sehingga tidak hanya fokus pada satu orang tersangka,” jelasnya.

Seblumnya. Oxy mengatakan, Kejari telah meminta polisi untuk kembali menahan Dedy Chandra. Namun pihaknya belum melakukannya lantaran berkas belum dinyatakan lengkap (P21).

“Kita masih pertimbangkan. Jika berkasnya sudah dinyatakan P21, baru kita lakukan penahanan kembali. Jika perlu kedua tersangka itu kita tahan. Setelah itu, baru sisanya ditetapkan tersangka lagi,” ucapnya.

Pada Jumat sekitar tiga pekan lalu, berkas dugaan korupsi Dedy Chandra dikembalikan lagi oleh tim penyidik Kejari Tanjungpinang kepada penyidik Polres Tanjungpinang. Kejari menilai berkas belum lengkap (P19).

Ditempat terpisah. Kepala Kejari Tanjungpinang, Saidul Rasli Nasution SH membenarkan atas penyerahan berkas dugaan kasus Dedi Candra tersebut untuk kemudian diteliti dan dipelajari sesuai ketentuan dan perundangan yang berlaku.

“Berkas tersebut baru saja kita terima tadi. Nanti akan kita teliti lagi, apakah benar-benar sudah lengkap apa belum,”ucap Saidul singkat.(SN)

Check Also

Nurdin Basirun Saat Ratas dengan petinggi PT. BRC.

Gubernur: Investasi Untuk Kepentingan Masyarakat Dan Memprioritaskan Tenaga Kerja Lokal Kepri

Tanjungpinang, sidaknews.com – H. Nurdin Basirun, Gubernur Kepri saat melakukan rapat terbatas (ratas) dengan para petinggi PT. Bintan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>