Home » Berita Foto » Penyuap pejabat bea cukai yang ditangkap punya 11 perusahaan

Penyuap pejabat bea cukai yang ditangkap punya 11 perusahaan

Gedung Bareskrim Mabes Polri. merdeka.com/Imam BuhoriJakarta,Sidaknews.com – Terungkapnya kasus korupsi dan pencucian uang yang melibatkan dalam tubuh Bea Cukai mencapai babak baru. Pasalnya Direktur Tipideksus Bareskrim Mabes Polri Brigjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan Yusran Arif (YA) sebagai pihak penyuap memiliki lebih dari satu perusahaan.

“Saudara Yusran ini adalah seorang wiraswasta, pengusaha, dia komisaris PT Sinar Buana Ekspresindo. Sebagai komisaris, dia juga mendirikan 10 perusahaan lainnya,” ungkap Arief di kantornya, Rabu (30/10).

Berdasarkan catatan kepolisian, perusahaan yang dimiliki adalah PT Tanjung Jati Utama, PT Cahaya Sinar Berjaya, PT Tanjung Jati Buana, PT Dwi Tunggal Utama, PT Duta Sakti, PT Nusa Jaya, PT Baraya Travel, PT Sinar Medan Sejahtera, PT Segar Utama dan PT Sinar Mas Mustika.

“Direktur-direktur perusahaan itu, yang ditunjuk adalah sopirnya, office boy-nya, ada orang-orang yang bekerja di sekitar dia,” terang Arief.

Arief menambahkan, perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspor impor ini tidak pernah bertahan lama. Berdasarkan data pihak kepolisian menunjukkan, belum genap satu tahun perusahaan ini sudah ditutup.

“Bergerak dalam bidang jasa ekspor impor, urus dokumen, packing, kemudian juga komoditi-komoditi. Ada biji plastik, aksesoris wanita, sparepart, terus beberapa bentuk-bentuk lain,” pungkasnya.

Dalam kasus suap ini, YA memberikan sejumlah uang kepada Kasubdit Penindakan dan Penyidikan KPU Bea Cukai Tanjung Priok, Heru Sulistyono (HS) dengan tunai atau polis asuransi melalui beberapa pihak. Di antaranya Anta Widjaya yang bekerja sebagai office boy dan Siti Rosida yang menjabat bagian keuangan di perusahaan Heru.sumber.merdeka.com

Check Also

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah

Pemko Tanjungpinang Minta ‘Diperhatikan’ Oleh Provinsi, Ini Kata Nurdin

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terkait dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang minta “Diperhatikan” Oleh pemerintah Provinsi Kepri dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>