Home » Berita Foto » Perayaan Natal Oikumene dan Fesparawi Kabupaten Sergai 2014

Perayaan Natal Oikumene dan Fesparawi Kabupaten Sergai 2014

-Natal Spirit Memperkuat Persatuan dalam Keberagaman.

Teks Photo : PIALA BERGILIR : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi dan Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman bersama Ketua DPRD H. Syahlan Siregar ST menyerahkan piala bergilir kepada Juara Festival Paduan Suara Gerejawi (Fesparawi) tingkat Kabupaten pada acara perayaan Natal Oikumene di halaman Yayasan Perguruan Indonesia Membangun (YAPIM) Desa Pon Kecamatan Sei Bamban, Minggu siang.(21/12)
Teks Photo :
PIALA BERGILIR : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi dan Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman bersama Ketua DPRD H. Syahlan Siregar ST menyerahkan piala bergilir kepada Juara Festival Paduan Suara Gerejawi (Fesparawi) tingkat Kabupaten pada acara perayaan Natal Oikumene di halaman Yayasan Perguruan Indonesia Membangun (YAPIM) Desa Pon Kecamatan Sei Bamban, Minggu siang.(21/12)

Sergai,Sidaknews.com – Perayaan Natal menjadi peristiwa yang paling bersejarah bagi umat Kristiani karena Natal merupakan peringatan lahirnya Yesus Kristus ke dunia sebagai Juru selamat manusia.

Oleh karenanya perayaan Natal menjadi spirit keagaman dan keberagaman sebagai bangsa Indonesia yang berideologi Pancasila dalam Kebhinekaan tanpa melihat lata belakang agama, budaya dan hal lainnya, harus menjadi kekuatan utama dalam membangun Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Hal itu dikatakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman pada saat menghadiri perayaan Natal Oikumene yang dirangkaikan dengan Festival Paduan Suara Gerejawi (Fesparawi).

Kemeriahan acara perayaan Natal dilaksanakan di halaman Yayasan Perguruan Indonesia Membangun (YAPIM) Desa Pon Kecamatan Sei Bamban, Minggu siang (21/12).

Hampir diikuti empat ribuan jemaat mengambil tema “Dengan Sukacita Natal, Kita Sambut Hadirnya Sang Raja Damai untuk Mempersatukan serta Merekat Keberagaman Kita”.

Bupati Sergai Ir.H.Soekirman juga menyampaikan apresiasinya atas kehadiran ribuan jemaat, meskipun dalam suasana hujan tidak menyurutkan ribuan jemaat menghadirinya.

Selanjutnya Bupati Sergai Ir.H.Soekirman berpesan kepada umat Kristiani yang hadir pada saat itu, agar senantiasa menumbuhkan rasa bersyukur dan kasih persaudaraan menghilangkan rasa permusuhan apalagi semua adalah satu kesatuan yang diikat dengan tali persaudaraan sebangsa dan setanah air.

Bupati Soekirman menjelaskan, disisi lain patut disyukuri bahwa perayaan Natal tahun ini berlangsung dalam suasana tenang, aman dan damai. Suasana seperti ini dapat dibangun dan dihadirkan atas dasar saling percaya dan menghormati, dan semakin menjaga solidaritas serta toleransi diantara sesama pemeluk agama dalam kehidupan yang harmonis.

Secara khusus Bupati menyampaikan kekagumannya bahwa perayaan Natal tahun ini terasa sangat berbeda dengan kehadiran pemeluk lintas agama dan setiap rangkaian acara di perayaan Natal ini.

Sementara itu, hal yang sama juga dikatakan Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST mengajak ribuan jemaat perayaan Natal harus dijadikan momentum untuk meningkatkan dan solidaritas antar umat beragama di Sergai. Sebab, kedepan bangsa Indonesia harus lebih solidaritas untuk meningkatkan masyarakat yang rukun dan damai dalam multi etnis.

Ketua Panitia Natal Oikumene dan Fesparawi tahun 2014, Delpin Barus ST, dalam laporannya mengatakan, perayaan Natal bersama pemerintah, TNI/Polri dan masyarakat se-Kabupaten Sergai tahun 2014 merupakan salah satu upaya dalam rangka semakin mempererat rasa persaudaraan sekaligus untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Suksesnya acara ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak terutama dari pihak Pemkab Sergai untuk memperkuat kerukunan umat beragama. Delpin Barus berharap agar kedepan penyelenggaraan Fesparawi ini dapat dilaksanakan setiap tahun.

Turut hadir pada acara tersebut, anggota DPRD Provsu Drs. Wasner Sianturi, Kapolres Sergai AKBP Benedictus Anies Purnawan, S.IK, M.Si, Kapolres Tebing Tinggi AKBP H Engar Pareanom, S.Sos,S.IK, Sekdakab Drs.H.Haris Fadillah M.Si, Ketua TP.PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, anggota DPRD Sergai, Asisten Pemum Drs. Ramses Tambunan, para Kepala SKPD, para Camat se-Sergai, BKAG serta pimpinan gereja se-Kabupaten Sergai.

Renungan Natal disampaikan Bishop Pdt. Darwis Manurung, dalam kotbahnya diambil dari nats Injil yaitu Imamat 26 ayat 12 mengatakan, melalui perayaan Natal saat ini, biarlah kiranya cahaya perayaan Natal itu terpancar di setiap rumah tangga Kristen.

“Sebab Sabda Tuhan berkata “Tetapi Aku akan hadir di tengah-tengahmu dan Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umatKu. Jadikanlah keluargamu selalu berkomitmendan terpusat pada Tuhan Yesus,” ujar Bishop Pdt. Darwis Manurung. (Wan)

Check Also

Pelabuhan penyengat tampak seperti pelangi, hal ini terlihat di sepanjang Atap Pelabuhan dibentang kain 3 warna yakni, kain warna Merah, Kuning dan Hijau.

Kedatangan Kapolri, Pelabuhan Penyengat Dihiasi Dengan Warna-Warni

Tanjungpinang, sidaknews.com– Dalam rangka penyambutan kedatangan Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian Kepulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>