Home » Berita Foto » Peringatan HAB ke-68 Berjalan Hikmad di Karimun

Peringatan HAB ke-68 Berjalan Hikmad di Karimun

Tampak, Pasukan Paskibraka Kabupaten Karimun, sedang mengibarkan bendera Merah Putih saat upacara peringatan Hari Amal Bakti ke-68 Kementerian Agama, Jum'at (3/01/2013) sekitar pukul 08.00 WIB dilapangan upacara Kantor Bupati Karimun.
Tampak, Pasukan Paskibraka Kabupaten Karimun, sedang mengibarkan bendera Merah Putih saat upacara peringatan Hari Amal Bakti ke-68 Kementerian Agama, Jum’at (3/01/2013) sekitar pukul 08.00 WIB dilapangan upacara Kantor Bupati Karimun.

Karimun,Sidaknews.com – Bupati Karimun, Nurdin Basirun secara langsung memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-68 Kementerian Agama tahun 2014, dilapangan upacara Kantor Bupati Karimun, Jum’at (3/01/2014) sekitar pukul 08.00 WIB.

Dalam peringatan hari besar dengan tema yang diangkat adalah,”Mengabdi dengan profesionalitas dan amanah”,
ini turut hadir Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq, unsur FKPD, SKPD Pemkab Karimun.

Sambutan Menteri Agama RI, Suryadharma Ali yang dibacakan Bupati Karimun, Nurdin Basirun mengatakan, sejarah mencatat Indonesia adalah negara pertama di dunia yang memiliki kementerian tersendiri yang menangani urusan agama.

Peringatan HAB Kemenag ke-68 merupakan momentum terbaik yang mengingatkan bangsa Indonesia tentang posisi strategis pembangunan kehidupan beragama dalam NKRI. Selain itu peringatan ditahun ini, merupakan tahun terakhir Kabinet Indonesia Bersatu II.

“Memperingati ulang tahun kementerian bukan sekedar kegiatan rutin organisasi, tetapi harus dijadikan media intropeksi diri, sejauh mana kita telah melaksanakan tugas pokok yang diemban dan sejauh mana kita merespon tuntutan dam kebutuhan masyarakat melalui peran yang kita jalankan,” harapnya.

Dalam amanatnya juga disampaikan, penyelenggaraan fungsi pendidikan agama dan keagamaan, terobosan kemajuan yang dihasilkan cukup signifikan. Lembaga pendidikan yang dikelola Kemenag, dari tingkat raudhatul athfal, ibtidaiyah, tsanawiyah, aliyah sampai perguruan tinggi, berada dalam komdisi sejajar dengan lembaga pendidikan umum, baik dari segi kapasitas tenaga pengajar,prestasi siswa dan mahasiswa maupun sarana dan prasarana yang tersedia.

Kemajuan lain yang layak dibanggakan lanjutnya, ialah pengembangan dan perubahan status beberapa sekolah tinggi, isntitut dan universitas islam negeri, serta pendidikan tinggi agama lainnya. Hal ini sekaligus mengamanatkan sebuah tanggungjawab sejarah bagi Kemenag untuk mengembangkan kualitas pendidikan dan menjaga tujuan pendidikan tinggi agama dengan sebaik-baiknya.

Sambungnya, terdapat beberapa perubahan dan kemajuan dari sisi pelayanan keagamaan, seperti penyelenggaraan ibadah haji, pelayanan nikah, serta mendorong dan memfasilitasi peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan. Namun meskipun demekian semua itu masih memerlukan perbaikan dan solusi secara menyeluruh.

”Kita patut gembira dan bersyukur, bahwa kerukunan beragama Indonesia menjadi model yang layak dicontoh negara lain,” ucapnya.

Sementara dalam tata kelola organisasi dan SDM, Kemenag telah menjalankan reformasi birokrasi menuju terwujudnya tata kelola kepemerintahan yang baik. Untuk itu dilakukan perbaikan sistem, mengefektifkan pengendalian internal, serta melakukan assesmen SDM sehingga terdapat keseimbangan yang ideal antara kompetensi pegawai dan beban tugas menuju standar remunerasi.

”Pada aspek tata kelola keuangan dan pelaksanaan anggaran, sejak beberapa tahun terakhir kita mampu meraih dan mempertahankan predikat hasil audit BPK dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WPK). Kemudian Kemenag RI sudah mencanangkan zona intregritas dan wilayah bebas korupsi, dimana hal itu menjadi masif yang dilaksanakan secara konsisten disemua satuan kerja pusat, daerah maupun perguruan tinggi,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Nurdin meminta dukungan penuh kepada semua pihak dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepri dalam Kabupaten Karimun terpilih sebagai tuan rumah,” tegasnya mengakhiri. (KT/Huria)

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>