Home » Berita Foto » Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)

Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)

-Pemko Tebingtinggi – PT TPL Tanam 3000 Bibit Pinus.

Keterangan gambar : TANAM POHON “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Kepala Dinas Pertanian Marimbun Marpaung SP M.Si melakukan tanam pohon di bantaran Sungai Padang pada Peringatan HMPI dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2014”.
Keterangan gambar :
TANAM POHON “Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Kepala Dinas Pertanian Marimbun Marpaung SP M.Si melakukan tanam pohon di bantaran Sungai Padang pada Peringatan HMPI dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2014”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2014 di Kota Tebingtinggi, Selasa (2/12), ditandai dengan penandatanganan kerjasama (MoU) serta serah terima 3.000 batang bibit pohon pinus (Eucaliptus sp) antara PT Toba Pulp Lestari (Tbk) dengan Pemko Tebingtinggi.

Penandatanganan MoU dilakukan Kepala Dinas Pertanian Marimbun Marpaung SP M.Si mewakili Pemko Tebingtinggi dan Manager CSR PT Toba Pulp Lestari (Tbk) Ir Jasmin Parhusip di Jalan Sei Mati Kecamatan Bajenis.

Penanaman pohon dilakukan di sepanjang bantaran sungai dan ruang terbuka hijau, selain itu juga diserahkan tanaman hutan dan tanaman buah-buahan kepada masing-masing Camat se Kota Tebingtinggi.

Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan bahwa Kota Tebingtinggi merupakan salah satu kota di Sumatera Utara yang masuk dalam program Green City (Kota Hijau), untuk itu walikota berharap kepada semua pimpinan SKPD dan terutama masyarakat Kota Tebingtinggi untuk bersama-sama mensukseskan program ini dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk menanam pohon, terutama disepanjang bantaran Sungai Padang.

Menurut walikota, dari thema ‘Hutan Lestari’ untuk mendukung kedaulatan pangan, air dan energi terbarukan mendorong masyarakat ikut membangun ekosistem hutan meningkatkan kualitas lingkungan hidup. “Sekaligus menyediakan bahan baku bagi industri kehutanan dan menyerap karbon dioksida diudara dalam rangka ikut berkonsentrasi dalam mitigasi perubahan iklim”, imbuh walikota.

Pada kesempatan itu, Walikota Tebingtinggi mengajak seluruh warga untuk mewujudkan hutan lestari dengan bersama-sama bergotongroyong melakukan gerakan menanam pohon guna membangun ekosistem hutan, juga dapat dilakukan lewat wana tani (agroforestry), wana ternak (silvopasture) dan dana wina (silvofishery) guna mensukseskan kedaulatan pangan dan kemandirian ekonomi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Marimbun Marpaung SP MSi, selain menerima bantuan dari PT Toba Pulp Lestari Tbk juga menerima bantuan 250 batang tanaman sengon dari PT Sumber Karindo Sakti dan tanaman kehutanan pada lahan 6 hektar dari BPDAS Sei Wampu Provsu di Kecamatan Padang Hilir. (Hans)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>