Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Peringati Hari Pancasila, Mahasiswa Unsika Gelar Seminar Nasional

Peringati Hari Pancasila, Mahasiswa Unsika Gelar Seminar Nasional

Peringati Hari Pancasila, Mahasiswa Unsika Gelar Seminar Nasional
Dalam Rangka Memperingati Hari Pancasila, Mahasiswa Unsika Gelar Seminar Nasional.

KARAWANG,sidaknews.com – Dalam rangka memperingati hari lahir pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni lalu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMA-IP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menggelar acara Seminar Nasional yang betemakan ‘Pancasila, Demokrasi dan Pluralisme Indonesia’ di Aula Unsika, Senin (30/6).

Acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan yang ada di Unsika tersebut, bertujuan untuk menggali nilai-nilai demokrasi dan pluralisme Indonesia yang terkandung dalam Pancasila. Sebagaimana diungkapkan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Dian Septiana kepada sidaknews.com.

Dian mengatakan, acara seminar yang dilaksanakan oleh pihaknya adalah sebuah upaya dalam mensosialisasikan kembali Pancasila kepada para generasi muda, khususnya para mahasiswa Unsika. Karena menurutnya, banyak nilai-nilai Pancasila yang semakin ditinggalkan oleh bangsa Indonesia, diantaranya mengenai demokrasi dan pluralisme yang bisa dilihat dalam kehidupan saat ini.

“Dalam rangka memperingati lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945, kami sengaja menggelar acara Seminar Nasional ini untuk kembali merefleksikan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, seperti demokrasi dan pluralisme,” ujarnya.

Dian menuturkan lebih lanjut, acara Seminar Nasional yang digelar oleh pihaknya bersifat terbuka bagi seluruh mahasiswa, namun dari data yang dimilikinya, mayoritas mahasiswa yang hadir berasal dari ilmu pemerintahan. Selain itu, acara yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB tersebut, dihadiri oleh Ketua DPRD Karawang, H. Tono Bakhtiar, SP., dan Rektor Unsika, H. Dadang Danugiri, S.Pd., M.Pd., serta jajaran pengurus rektorat, fakultas dan organisasi kemahasiswaan.

“Acara ini juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan buka bersama antara mahasiswa, dosen dan para pengurus rektorat, serta fakultas,” terangnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Dekan FISIP Unsika, Drs. Dadang Fakhrudin, MM., mengatakan, bergesernya nilai-nilai pancasila dikalangan masyarakat, khususnya diantara mahasiswa mendorong para mahasiswanya yang tergabung dalam HIMA-IP berinisiatif untuk mengelar acara Seminar Nasional, yang bertujuan untuk mengangkat kembali semangat Pancasila dikalangan generasi muda dalam hal ini mahasiswa.

“Mulai ditinggalkannya Pancasila oleh sebagian besar masyarakat, dalam hal demokrasi dan saling menghargai perbedaan agama. Ditindaklanjuti oleh HIMA-IP secara positif dengan mengadakan seminar ini, dengan harapan bisa kembali merepleksikan nilai-nilai pancasila kepada para mahasiswa Unsika,” ungkapnya.

Prof. Dr. H. Utang Suwaryo, MA., selaku pemateri dalam acara seminar tersebut memaparkan tentang pentingnya Indonesia untuk kembali menganut sistem demokrasi yang sesuai dengan ajaran Pancasila. Selain itu, isu sara dan konflik saudara menjadi sebuah bahan evaluasi yang mendalam bagi seluruh bangsa, akibat lemahnya nilai-nilai pluralisme belakangan ini.

Dirinya berpesan agar seluruh mahasiswa mampu mengejawantahkan Pancasila secara kontekstual dalam kehidupan yang nyata di masyarakat. Dan bukan hanya sekedar memahami Pancasila secara tekstual, sehingga kedepannya Indonesia akan mampu menata kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan ajaran Pancasila sebagai falsafah bangsa, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusian yang adil dan berdab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.(ega)

Check Also

28 Tim Ikuti Turnamen Sepak Bola Burau Cup II

Lutim, sidaknews.com – Bupati Luwu Timur, Muh Thorig Husler membuka turnamen sepak bola Burau Cup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *