Home » Berita Foto » Perpanjang SK Guru Honor Simalungun Kena “Pungli” Rp.3 – 5 Juta

Perpanjang SK Guru Honor Simalungun Kena “Pungli” Rp.3 – 5 Juta

Kantor Dinas Pendidikan Simalungun yang terletak di kecamatan Raya.
Kantor Dinas Pendidikan Simalungun Yang Terletak Di Kecamatan Raya.

Simalungun, Sidaknews.com – Beberapa Guru honor Pemkab Simalungun sangat menyesalkan kebijakan Dinas Pendidikan Simalungun yang melakukan pengutipan liar untuk memperpanjang Surat Kerja (SK).

Kutipan yang dilakukan bervariasi antara 3 juta Sampai 5 juta kepada setiap Guru honor.

Salah satu Guru honor yang minta namanya tidak dimuat dikoran menuturkan kehadirannya untuk mengambil SK yang diperpanjang oleh Dinas Pendidikan Simalungun.

Dia menyebutkan kalau SK yang diperpanjang itu beberapa waktu lalu telah selesai dia urus. Dia juga mengakui kalau saat pengurusan memperpanjang SK itu dia dikutip uang sebesar Rp 3 juta.

Karena itu dianggap sebagai syarat saya terpaksa memberikan uang tersebut kepada salah satu pegawai Disdik Simalungun.

Dia mengakui kalau peraturan itu tidak berani dia bantah mengingat SK yang diperpanjang itu sangat dia butuhkan,karena tanpa SK itu saya tidak dapat mengajar disekolah tempat saya bertugas.

Dia menambahkan kalau gaji yang dia terima selama menjadi Guru honor dari anggaran Dinas Pendidkan Simalungun dan bukan dari APBD Pemkab Simalungun. Saya menduga Guru honor yang lain juga mengalami hal serupa dengan apa yang saya alami ujarnya jumat 13/2.

Kepala Tata Usaha(KTU) Disdik Simalungun Tiopan Sagala MSi yang ditemui diruang kerjanya mengakui kalau Guru honor saat ini sedang ramai mengurus perpanjangan SK. Dia juga menambahkan kalau dia baru beberapa bulan menjabat sebagai KTU di Dinas Pendidikan ini.

Disinggung soal adanya kutipan uang memperpanjang SK Tiopan mengatakan kalau hal itu sudah dilakukan saat Viktor Siahaan saat menjabat Plt Kadis Pendidikan Simalungun. Setelah Viktor Siahaan diganti Wasin Sinaga MPd program ini tetap dilanjutkan urainya.

Dia juga mengakui kalau beberapa Guru honor ada yang memberikan uang sebagai ucapan terimakasih karena Perpanjangan SK telah mereka terima.

Sementara Plt Kadis Pendidikan Simalungun Parsaulian Sinaga yang coba ditemui mengatakan kalau dia masih sibuk dan belum bersedia dikonfirmasi.

Amatan, hampir setiap hari Dinas Pendidikan Simalungun ramai dikunjungi para Guru honor untuk mengurus memperpanjang Surat Kerja (SK) mereka. Selain Guru honor tampak juga para Guru Pegawai Negeri Sipil(PNS) juga tampak sibuk mengurus pengajuan Sertifikasi tahun 2015. (SyamP/Hasudungan)

Check Also

Ular Phyton yang sudah diamankan warga Tangjung

Penduduk Tanjungkapur Dikejutkan Penangkapan Ular Piton Liar

Bintan, sidaknews.com – Warga setempat menemukan dan menangkap seekor ular piton besar di depan sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>