Home » Daerah » Aceh » Pertambangan jadi Faktor Penting Kemajuan Ekonomi Aceh

Pertambangan jadi Faktor Penting Kemajuan Ekonomi Aceh

Rafli, anggota DPD RI asal Aceh saat meninjau kegiatan PT. MIFA Bersaudara di Aceh. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan di bidang pertambangan batu bara . Foto :  Munawar
Rafli, anggota DPD RI asal Aceh saat meninjau kegiatan PT. MIFA Bersaudara di Aceh. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan di bidang pertambangan batu bara . Foto : Munawar

Meulaboh, sidaknews.com – Sebagai insvestasi baru di Aceh dalam sektor mineral batubara harus bisa dimanfaatkan untuk kepentingan ‘kemaslahatan umat’. Kehadiran IUP tambang yang ada di Aceh diharapkan harus berjalan lebih serius dalam upaya melakukan kegiatan produksi yang baik, sehingga kegiatan provit tambang akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga pemanfaatan tenaga kerja langsung dan tidak langsung (multi efek player).

Hal ini disampaikan Rafli, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Aceh ketika mengunjungi perusahaan pertambangan PT MIFA Bersaudara di Meulaboh, Rabu (21/1) lalu.

“Nikmat alam batubara ini jangan sampai kehadirannya menjadi konflik sosial ekonomi dan sekat-sekat, kita berharap pengelolaan tambang dilakukan dengan baik dan benar.

“Dengan beroperasinya perusahaan PT. MIFA Bersaudara, maka saya mengharapkan pelaksanaanya dan harus sesuai dengan regulasi yang berlaku, tulis Rafli dalam email yang di kirim kepada media ini.

Dikatakan, ia berharap pencapaian produksi PT. MIFA Bersaudara dan kegiatan ekpor/penjualan mampu menjadi perusahaaan penghasil batubara kelas dunia dengan skala produksi tertentu.

Kepada PT. Mifa Bersaudara, Rafli menekankan beberapa saran, agar perusahaan memiliki standar-standar diantaranya, pertama perusahaan disarankan menerapkan dan meningkatkan terus tata pengelolaan tambang yang baik (Good Mining Practice).

Kedua, perusahaan menerapkan prinsip ramah lingkungan, khususnya dalam penanganan pasca tambang berkaitan usaha reklamasi lahan sehingga mampu mengembalikan fungsi-fungsi ekologi.

Ketiga, perusahaan MIFA dalam menjalankan kegiatan sosial, menerapkan CSR harus sesuai dengan ISO dan juga melahirkan konsep terintegritas sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam peningkatan sumber daya ekonomi dan kearifan sosial secara berkelanjutan.

Disamping itu, kehadiran sejumlah IUP Pertambangan khususnya di Aceh Barat diharapkan akan menjadi cikal bakal lahirnya usaha ikutan tambang dan Smellter khususya dalam penciptaan sumber energi, dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU Mulut tambang) yang memanfaatkan sumber batu bara lokal.

Hal ini diyakini akan meningkatkan produksi energi listrik di Aceh dan juga akan meningkatkan PAD khususnya kabupaten penghasil serta memberikan dampak ekonomi di sektor-sektor lainnya.

“Maka dalam kesempatan ini, saya berharap kepada Pemerintah Daerah khususnya Aceh Barat dan masyarakat secara umumnya agar bekerja keras dalam menyiapkan SDM yang handal.

Yang akan dibutuhkan untuk pemenuhan tenaga pertambangan sesuai dengan berbagai tingkatan baik dari tenaga siap pakai (SMK) maupun tenaga ahli/sarjana yang sesuai untuk kebutuhan di Perusahaan tambang baik yang sudah operasi dan yang akan beroperasi,” katanya.

Sementara itu, External Relation Senior Manager atau Kepala Humas PT Mifa Bersaudara, Gunawan Adnan mengatakan jika saat ini pada PT. Mifa Bersaudara sudah menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 72 persen.

Penempatan pekerja lokal ini di berbagai tingkatan (level) sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. PT. MIFA bersaudara juga sudah melaksanakan berapa bantuan langsung kepada masyarakat sekitar area tambang di bidang pendidikan dan lainnya.

PT MIFA berkomitmen untuk merealisasikan program-program melalui CSR untuk pemberdayaan ekonomi msayarakat sekitar tambang yang dapat meningkatkan produktivitas masyarakat.

Rafli menambahkan, semua elemen, baik dari instansi pemerintah dan masyarakat harus tetap melakukan pengawasan dan monitoring terhadap seluruh pertambangan yang ada di Aceh agar memberikan kontribusi yang patut kepada masyarakat dan pemerintan setempat. (Tarmizi A. Gani)

Check Also

Wabup Sergai Darma Wijaya melantik dan mengukuhkan sebanyak 149 Pejabat Administrator Eselon III di lingkungan Pemkab Sergai bertempat di Aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (19/1).

Wabup Sergai Kukuhkan dan Lantik 149 Pejabat Administrator

*Darma Wijaya: Laksanakan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan dengan penuh tanggung jawab Sergai, sidaknews.com …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>