Home » Berita Foto » Pesawat CN235 pesanan Kemhan akan pantau Pantai Selatan Jawa

Pesawat CN235 pesanan Kemhan akan pantau Pantai Selatan Jawa

pesawat-cn235-pesanan-kemhan-akan-pantau-pantai-selatan-jawa2Bandung, sidaknews.com – Wilayah perairan selatan Jawa kerap menjadi sasaran para imigran gelap pencari suaka. Biasanya mereka hendak menyeberang ke Australia. Beberapa kejadian ditemukan di antaranya kapal karam, karena terombang-ambing gelombang tinggi air laut.

Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan berkomitmen akan terus memantau pergerakan di Pantai Selatan ini. Dengan alutsista baru berupa satu unit pesawat CN235 Patroli Maritim (Patmar) perairan di selatan Jawa akan dipantau.

“Kita dengan pesawat ini, akan melakukan pengawasan di Pantai Selatan untuk memantau pencari suaka,” kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, usai penyerahan pesawat dari PT DI ke Kemenhan di Hanggar PT DI Bandung, Rabu (2/10).

Menurut dia, pesawat dengan kemampuan mumpuni ini akan menjaga kedaulatan wilayah pertahanan laut. “Jadi ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, untuk terus melakukan pemantauan, karena di perairan selatan Jawa sering ditemukan para imigran gelap,” tandasnya.

Dia mengatakan, serah terima pesawat ini merupakan yang pertama untuk pesawat CN235, setelah pada 2009 lalu kontrak disepakati sebesar USD 80 juta untuk tiga pesawat. “Nanti pesawat kedua akan diserahkan pada akhir tahun ini, dan pesawat ketiga akan diserahkan pada triwulan pertama 2014 mendatang,” ujarnya.

Selanjutnya Pesawat CN235 Patmar ini akan dioperasikan TNI AL. Kata dia, selain beroperasi di wilayah selatan Jawa, pesawat ini juga akan mengawasi dan melindungi laut Indonesia yang sangat luas.

“Selain CN235 TNI AL juga akan mengoperasikan pesawat NC212 Patmar produksi PT DI,” kata dia menerangkan. Pesawat akan ditempatkan di Surabaya. “Pertimbangan taktis dan strategis,” jelasnya.

Sementara itu Dirut PT DI Budi Santoso mengatakan, CN235 Patmar ini adalah pesawat patroli kelas medium yang sangat cocok untuk mengemban misi patroli maritim karena mampu mengawasi dan menjaga perairan di Indonesia. Pesawat yang memiliki kapasitas hingga 40 ini sangat diminati negara Korea dan Turki.

“Karena kemampuannya pesawat ini diminati banyak negara,” jelasnya seraya menambahkan PTDI juga telah menyerahkan CN235 kepada negara Brunei Darussalam, Malaysia, Korsel, Pakistan, Uni Emirat Arab, Senegal dan Burkina Faso.

CN235 Patmar ini kata dia memiliki tenaga sepasang engine CT7-9C yang masing-masing berkekuatan 1.750 daya kuda. Pesawat ini dilengkapi peralatan canggih seperti, search radar, flir, IFF transponder, tactical navigation, tactical computer system, dan bubble window.

“Untuk TNI AL juga sudah menerapkan teknologi aerodinamika yang baru memasang unit wing let di kiri dan kanan sayap untuk meningkatkan stabilitas dan kemantapan saat terbang,” jelasnya.sumber.merdeka.com

Check Also

Pelabuhan penyengat tampak seperti pelangi, hal ini terlihat di sepanjang Atap Pelabuhan dibentang kain 3 warna yakni, kain warna Merah, Kuning dan Hijau.

Kedatangan Kapolri, Pelabuhan Penyengat Dihiasi Dengan Warna-Warni

Tanjungpinang, sidaknews.com– Dalam rangka penyambutan kedatangan Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian Kepulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>