Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Peserta BPJS Diwajibkan Membuat Surat Pernyataan Miskin

Peserta BPJS Diwajibkan Membuat Surat Pernyataan Miskin

-Lurah Sei Binti,John Lee Mengatakan peserta BPJS  Diketahui RT/RW Dengan Memakai Materai 6.000.

Kantor Kelurahan Sei Binti,Batam.
Kantor Kelurahan Sei Binti,Batam.

BATAM,Sidaknews.com – Sesuai dengan komitmen Pemerintah Kota Batam dalam membantu masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan diwajibkan bagi peserta BPJS untuk membuat surat pernyataan Miskin yang diketahui oleh RT/RW setempat dengan memakai materai Rp.6.000.

Sebanyak 3.034 Warga Miskin di Kelurahan Seibinti Didaftar Menjadi Peserta BPJS, yang sudah mendaftar melalui kelurahan mencapai 3.034 jiwa, dan sudah kita daftarkan langsung ke BPJS.

Jumlahnya kemungkinan masih bertambah, karena saat ini masih ada yang dalam proses pendaftarakan,” kata Lurah Sei Binti, John Lee, ditemui Jumat (10/10) kemarin siang di ruang kerjanya.

Warga kurang mampu yang didaftarakan sebagai peserta BPJS melalui Kelurahan, kata John Lee akan ditanggung menggunakan dana APBD. Hal ini, lanjutnya sebagai komitmen Pemerintah Kota Batam dalam membantu masyarakat mendapat pelayanan kesehatan.

Sebagian ditanggung menggunakan dana APBD, sebagian lagi ada yang ditanggung APBN,” kata dia.Peserta BPJS yang ditanggung menggunakan APBD, jelas John Lee, harus benar-benar warga kurang mampu dan mengajukan pendaftaran melalui kelurahan.

Sedangkan yang ditanggung menggunakan APBN, yakni masyarakat pemegang Jaminan Kesehatan Masyarat (Jamkesmas), dan peserta Rumah Tangga Sasaran (RTS) atau warga kurang mampu yang mendapat beras miskin (raskin).

Adapun syarat warga untuk mendaftar sebagai peserta BPJS melalui Kelurahan, kata John Lee, harus membuat surat pernyataan miskin yang diketahui RT/RW bermaterai 6.000.

Selain itu, warga kurang mampu itu juga harus melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Batam, Kartu Keluarga (KK), foto rumah tampak luar dan dalam.

“Setelah syaratnya lengkap, datanya langsung kita entri (input),” ujar dia.

Masih kata John Lee, jumlah warga Kelurahan Sei Binti yang terdaftar sebagai peserta RTS atau penerima Raskin mencapai 1.675 KK. Peserta RTS ini juga rata-rata sudah memegang Jamkesmas, yang langsung dialihkan ke BPJS dan ditanggung APBN.”BPJS ini kami sosialisasikan terus kepada masyarakat,” kata dia, mengakhiri.(TIM)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *