Jumat , 31 Maret 2017
Home » Berita Foto » Petani Kuala Asan, Bireuen Kembalikan Kejayaan Lada Aceh

Petani Kuala Asan, Bireuen Kembalikan Kejayaan Lada Aceh

Marwan (Kak Iwan) Petani Lada di Kuala Asan (KL) Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen, Nampak Gembira Di Temui Penulis (kanan) di Kebun Ladanya (Foto, Tarmizi A. Gani)
Marwan (Kak Iwan) Petani Lada di Kuala Asan (KL) Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen, Nampak Gembira Di Temui Penulis (kanan) di Kebun Ladanya (Foto, Tarmizi A. Gani)

BIREUEN,Sidaknews.com – Marwan yang sering disapa Kak Iwan salah seorang petani di Kuala Asan (KL), Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen sedang giat melakukan pembudidayaan lada di kebun miliknya, di Kuala Asan tidak seperapa jauh dari sebuah sungai yang mengalir indah berhampiran tempat ia bercocok tanam.

Kepada penulis yang juga Ketua Pemuda Tani Indonesia HKTI Aceh, Kak Iwan mengisahkan dia terasa cukup gembira bisa memulai mengembalikan kejayaan lada Aceh sebagaimana masa kejayaan Kesultanan Iskandar Muda di Aceh tempo dulu, begitu ungkapnya terharu, saat bertemu penulis di kebun kesayangannya, Sabtu 03/01/2015.

Kak Iwan menami dua jenis lada, yaitu lada rambat dengan luasan mencapai 2,5 hektar dan lada perdu dengan luasan satu (1) hektar, sudah puluhan juta juga modal saya kucurkan, pun demikian saya sangat gembira karena cita-cita saya mengembangkan lada sudah terwujud, katanya.

Hasil amatan penulis lada yang ditanami di kebun Kak Iwan sekitar hampir satu bulan, yang memiliki jarak tepuh sekitar 7 KM dari jalan Banda Aceh- Medan, atau sekitar 45 KM dari pusat kota Bireuen nampak tumbuh

Marwan (Kak Iwan) Petani Lada di Kuala Asan (KL) Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen, Nampak Gembira Di Temui Penulis (kanan) di Kebun Ladanya.
Marwan (Kak Iwan) Petani Lada di Kuala Asan (KL) Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen, Nampak Gembira Di Temui Penulis (kanan) di Kebun Ladanya.

subur dan cantik sekali, semoga bisa saya rawat lada ini hingga dia berbuah, ketus Kak Iwan dengan nada penuh berharap.

Ditanya apa kendala dalam membesarkan tanaman lada di kebunnya Iwan menjelaskan, kalau bisa melalui media, saya berharap pihak-pihak dan pemerintah yang peduli dengan tanaman dan kejayaan lada kembali bergema di Aceh.

Agar bisa membantu kami, menyediakan mesin dan pipa penyiram berteknologi untuk dapat menyirami tanam lada saat musim kemarau nanti, apa ladi kebun lada ini tidak jauh dengan sungai, jelasnya.

Kecuali mesin penyiram, Kak iwan juga berharap juga bisa di bantu pupuk organik, plastik hitam intensif dan saran teknis serta pendampingan, saya tidak tau harus bilang sama siapa.

Terimakasih jika media baik media cetak, media online dan elektronik seperti TV mau membantu untuk menyampaikan harapan dan keinginan kami, ujar Kak Iwan seraya mengajak penulis dan seorang teman dari sebuah stasion TV untuk menikmati makan siang di rangkang (gubuk-red) di kebunnya.(Tarmizi A.Gani)

Check Also

Keluar Dari Wilayah Kontrak Kerja, PT Vale Bayar Denda ke Negara Rp 5 M

Lutim, sidaknews.com – Penyerahan uang sebesar Rp 5 Milyar dari PT Vale Indonesia kepada Kejaksaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *