Rabu , 24 Mei 2017
Home » Berita Foto » Peternak mengaku akan manfaatkan Ramadan untuk ambil untung

Peternak mengaku akan manfaatkan Ramadan untuk ambil untung

Peternakan Ayam. ©2013 Merdeka.com
Peternakan Ayam. ©2013 Merdeka.com

Peternak ayam pedaging mengaku ingin memanfaatkan Ramadan dan Idul Fitri nanti untuk mengeruk keuntungan. Ini untuk menambal kerugian yang mereka tanggung selama dua bulan terakhir.

Hal tersebut diungkapkan salah seorang peternak ayam Agus Suwarno dihadapan Menteri Pertanian Suswono yang sedang berkunjung ke peternakan ayam pedaging di Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jumat (7/5).

Diakui Suwarno, harga jual ayam di kandang saat ini mencapai Rp 20.000 per ekor. Jika dijual pasar bisa menjadi jadi Rp 32.000 atau 36.000 per ekor.

Suswono mencermati lonjakan harga daging ayam itu disebabkan oleh kenaikan harga pangan secara sepihak hingga mencapai Rp 6 ribu per kilo. Untuk itu, dia akan segera memanggil para produsen pakan untuk meminta penjelasan.

“Harga pakan terlalu mahal, tidak wajar lah kenaikan saat ini, berdampak di produsen atau peternaknya. Pada akhirnya harga daging pasti ada kenaikan,” katanya.

Selain harga pakan, menurut Suswono, kenaikan harga daging ayam juga disebabkan oleh spekulasi distributor dan pedagang tingkat eceran. Rata-rata para spekulator beralasan karena harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi naik.

“Semua suplai lancar, kok harga barang naik, artinya pedagang mengambil keuntungan, pedagang harusnya mengedepankan etika bisnisnya,” katanya. (merdeka.com)

Check Also

Alamak…!, Menantu dan Mertua Ditangkap, Akibat Ketahuan Mencopet di Pasar Kodok Sidimpuan

Padangsidimpuan, sidaknews.com – Akibat terhimpit masalah ekonomi itulah salah satu alasan Landa sari,(48 ), warga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *