Senin , 27 Maret 2017
Home » Berita Foto » Pihak imigrasi kelas III Tarempa mendukung ditetapkannya entry point

Pihak imigrasi kelas III Tarempa mendukung ditetapkannya entry point

Imigrasi Taermpa
Imigrasi Tarempa Kelas III, mendukung ditetapkannya entry point.

Anambas,Sidaknews.com – Pihak imigrasi kelas III Tarempa mendukung ditetapkannya entry point dikawasan perairan disekitar Anambas. Namun demikian, menurutnya terdapat beberapa hal yang perlu menjadi fokus perhatian didalam memaksimalkan potensi ini. “Pada prinsipnya kita mendukung.

Namun demikian, ada terdapat beberapa hal yang menjadi fokus perhatian seperti tersedianya sarana dan prasarana guna mendukung penerapan entry point tersebut,”ujar Kakanim melalui Kasubsi Intaltuskim Imigrasi kelas III Tempa, Erix Aji Saputro.

Pihaknya menambahkan, mengenai status keimigrasian sendiri, tentunya juga merupakan salah satu hal yang juga menjadi fokus perhatian. Saat ini, pihak imigrasi kelas III yang ada di Tarempa masih sebatas untuk melakukan pengecekan dibeberapa lokasi migas yang mempekerjakan tenaga asing.

“Kita baru ada untuk migas. Hal ini juga yang kiranya juga mendapat pertimbangan. Mengingat, ada beberapa hal seperti peningkatan sarana dan prasarana termasuk izin yang tentunya dikeluarkan dari pihak pusat. Sebelumnya kantor imigrasi ini merupakan pos. Seiring dengan pertumbuhan penduduk diwilayah Tarempa, maka statusnya pun ditingkatkan menjadi kantor imigrasi guna memudahkan orang-orang untuk pembuatan paspor tanpa harus ke Tanjungpinang,” terangnya kembali.

Seperti diketahui, rombongan kapal yacht yang notabene merupakan kewarganegaraan asing ini hampir setiap tahunnya melewati wilayah Anambas. Rombongan ini biasa mulai bergerak dan melakukan ‘konvoi’ serta mulai berdatangan pada bulan Juni hampir disetiap tahunnya. “Sekitar bulan Juni mulai berdatangan. Biasanya diadakan semacam penyambutan untuk menyambut kapal yacht yang datang ini,” ujar Iwan staff kantor imigrasi kelas III Tarempa.

Soal entry point ini pun sudah beberapa kali disampaikan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin dibeberapa kesempatan. Pada kunjungan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) beberapa waktu lalu, pihaknya menyebut sudah melayangkan surat kepada pihak Kementrian Perhubungan guna mewujudkan entry point diwilayah kabupaten maritim ini.

“Daerah kita ini terletak di zona utara dan selatan. Sejumlah turis dari mancanegara juga seperti Thailand, danVietnam, bahkan Cina biasa datang secara massal dengan menggunakan kapal yacht. Namun, ini yang menjadi persoalan. Kami sudah beberapa kali mengirimkan surat kepada Menteri Perhubungan, namun belum ada balasan,” ujarnya.

Dalam konferensi pers dihalaman Makolanal Tarempa beberapa waktu lalu,Tengku juga mengatakan, Anambas sudah siap untuk dapat dijadikan sebagai salah satu titik entry point yang biasa digunakan untuk rombongan kapal yacht. Beberapa pihak pun, bahkan disebutnya sudah siap dan menyetujui agar wilayah Anambas dijadikan salah satu wilayah entry point selain kawasan Nongsa Point Marina Batam dan kawasan Lagoi.

“Secara lisan, pak Kris (Kris Wiluan_red) pada prinsipnya sudah menyetujui akan hal ini. Biasanya juga, menjelang bulan Juni banyak kapal yacht mulai berdatangan. Bila terealisasi, kapal yacht itu tidak perlu repot-repot lagi memutar,” ungkapnya kembali.

Adapun mengenai proses imigrasi yang ada dikabupaten maritim ini dalam mendukung wisatawan mancanegara, pihaknya menyebut kelengkapan dikantor imigrasi bahkan menurutnya sudah dinyatakan lengkap. “Saya sudah berkoordinasi dengan kepala imigrasi yang baru.Tamu-tamu pun sudah bisa dicap disini untuk melakukan cap paspor. Custom imigrasinya pun sudah lengkap disini.
juga adapun kegiatan pemerisaan gabungan dengan pihak beacukai itu kita tidak tahu coba teman- pihak media jumpai pihak kepabianan,” ungkapnya.( Tim/Rohadi)

 

 

Check Also

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyerahkan trophy dan bantuan pembinaan kepada Joki dan kuda pemenang

Kualitas Pacuan Kuda Tradisional Gayo akan Terus Ditingkatkan

Takengon, sidaknews.com – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan kualitas pacuan kuda tradisional Gayo akan terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>