Jumat , 31 Maret 2017
Home » Berita Foto » PKB dan PKG Upaya membentuk Guru Profesional

PKB dan PKG Upaya membentuk Guru Profesional

Pkg
Pelatihan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Oleh Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Karawang Jawa Barat. Di Hotel Grand Citra.

KARAWANG,Sidaknews.com – Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Karawang Jawa Barat menggelar Pelatihan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi para pengawas yang berada di bawah naungan Disdikpora Senin (28/4) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Citra ini, terselenggara berkat kerjasama antara Disdikpora Karawang dengan World Bank sebagai tindak lanjut pertemuan Kepala Sekolah se-Karawang di Hotel Grand Citra, beberapa pekan lalu.

Panitia kegiatan, Nedi Rohendi menuturkan, sebanyak 160 pengawas hadir dalam pelatihan tersebut yang terdiri dari unsur pengawas SD sebanyak 60 orang, pengawas SMP sebanyak 40 orang, pengawas SMA sebanyak 40 dan pengawas SMK sebanyak 20 orang.

Mereka (Pengawas) ini diberikan materi selama dua hari oleh pihak World Bank sebelum diterjunkan ke lapangan. “Para pengawas ini punya tugas mengawasi dan mengevaluasi kinerja guru di sekolahnya masing-masing, sesuai dengan Permen nomor 16 tahun 2009 dan Pergub nomor 49 tahun 2013. Waktu di Grand Citra kan pemahaman materi lebih ke kepala sekolah. Sekarang ini kita fokus ke para pengawas,” tutur Nedi kepada sidaknews.com disela-sela acara.

Semenatara untuk kegiatan sendiri akan berlangsung selama dua hari. “Besok , para pengawas akan menjalani praktek lapangan serentak di empat sekolah. Yakni SDN Nagasari 4, SMP 3 Karawang, SMAN 5 Karawang dan SMK 2 Karawang,” ujarnya.

Nedi menambahkan, kegiatan PKG dan PKB ini sesuai peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 tahun 2009 mengisyaratkan bahwa untuk kenaikan pangkat dan golongan guru perlu dilakukan Penilaian Kinerja Guru. “Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya,” kata dia.

Sedangkan PKB dilaksanakan dalam upaya mewujudkan guru yang profesional, bermatabat dan sejahtera. “Sehingga guru dapat berpartisifasi aktif untuk membentuk insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian,” pungkasnya.(ega nugraha)

Check Also

Keluar Dari Wilayah Kontrak Kerja, PT Vale Bayar Denda ke Negara Rp 5 M

Lutim, sidaknews.com – Penyerahan uang sebesar Rp 5 Milyar dari PT Vale Indonesia kepada Kejaksaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *