Jumat , 24 Maret 2017
Home » Berita Foto » PNS Luwu Timur Dongengkan Pelajar SD

PNS Luwu Timur Dongengkan Pelajar SD

PNS Luwu Timur Dongengkan Pelajar SD
Salah Satu Peserta Yang Sedang Membacakan Dongeng Buat Pelajar Siswa/Siswi SD Se-Kabupaten Luwu Timur.

 Luwu Timur, Sidaknews.com – Kamis pagi (27/11/2014), bertempat di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Luwu Timur, diadakan lomba mendongeng tingkat PNS.

Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Korpri ke-43 dan PGRI ke-69 tingkat Kabupaten Luwu Timur. Puluhan peserta dari berbagai SKPD dan Kecamatan Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur mengikuti lomba ini.

Mereka antusias dalam unjuk kebolehan menceritakan dongeng dihadapan para pelajar SD se Kecamatan Malili. Sejak pagi, para peserta telah siap untuk tampil menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Menariknya, selain peserta dan puluhan siswa SD, para pengunjung perpustakaan umum yang biasanya hanya datang untuk membaca dan meminjam buku juga turut menikmati atraksi yang disuguhkan oleh para peserta.

Mereka cukup takjub dengan kemampuan peserta dalam bercerita dan ikut tertawa saat peserta melakukan adegan-adegan unik.

Peserta sendiri memiliki kemampuan yang berbeda beda. ada yang menguasai cerita dan adapula peserta yang belum menguasai isi cerita. Tak hanya itu, mereka juga melakukan peragaan seperti menari dan menyanyi. Totalitas peserta dalam menceritakan dongeng juga dapat dilihat dari mimik wajah serta pergantian suara saat terjadi dialog yang melibatkan beberapa tokoh dengan karakter berbeda.

Cerita dongeng yang disajikan peserta memang terbilang sederhana. Seperti cerita-cerita yang ada di daerah sulawesi selatan, dan dongeng-dongeng lainnya. Para peserta mengemas dongeng tersebut cukup apik tanpa mengurangi pesan moral di dalamnya.

Tak jarang, beberapa peserta menyampaikan pesan moral yang terkandung setelah mereka selesai mendongeng.
Terkait dengan kegiatan ini, Kordinator lomba HUT Korpri ke-43 Tahun 2014, Rapiuddin Tahir mengakui mendongeng bukanlah hal yang mudah.

Menurutnya, Bercerita merupakan sebuah aktifitas untuk membuat yang mendengar bisa menikmati dan memahami pesan moral yang akan disampaikan atau bisa juga dikatakan mendongeng menjadi bagian dari keterampilan berbicara.

“Keterampilan mendongeng sangat penting bagi penumbuhkembangan keterampilan berbicara bukan hanya sebagai keterampilan berkomunikasi, melainkan juga sebagai seni. selain itu, keterampilan berbicara ini juga diperlukan bagi para aparatur seperti para PNS khususnya mereka yang bekerja dibidang pelayanan,” ucapnya.

Rapiuddin Tahir mengatakan lewat Lomba mendogeng ini kita terapkan refolusi mental yang dilaksanakan melalui dari usia dini dan memperkenalkan budaya-budaya daerah ‎kepada masyarakat lewat lomba mendongeng.

Tak hanya itu, melalui lomba mendongeng ini juga dapat dijadikan sarana untuk menumbuhkan semangat gemar membaca.

Manfaat lainnya, kata Rapiuddin, mendongeng juga menumbuhkan kreativitas, mengembangkan keterampilan berpikir, hingga mengembangkan emosi. Melalui lomba dongeng ini sedikit banyak mengurangi dampak negatif perkembangan teknologi yang meresahkan akhir-akhir ini.

Setelah melihat atau mengikuti lomba dongeng ini, diharapkan termotivasi untuk mengembangkan dongeng, terutama dongeng-dongeng yang relevan dengan kehidupannya sehari-hari. (Amir)

Check Also

Para Pelajar Madina terdiri dari SD, SMP dan SMA terlihat memadati sisi kiri dan sisi kanan jalan untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi, jum'at (24/3).

Ribuan Pelajar di Madina Turun Kejalan Sambut Kedatangan Jokowi

Mandailing Natal, sidaknews.com – Ribuan Pelajar di Kabupaten Mandailing Natal, turun ke jalan sambut kedatangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>