Home » Berita Foto » Polres Tanjungpinang Musnahkan Sejumlah Jenis Narkoba

Polres Tanjungpinang Musnahkan Sejumlah Jenis Narkoba

Pemusnahan Barang Bukti di halaman Polres Tanjungpinang
Pemusnahan Barang Bukti di halaman Polres Tanjungpinang.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Polres Tanjungpinang pada hari ini, Kamis 8 Mei 2014, memusnahkan 205 butir pil Ectacy berbagai bentuk, bahan pembuat ekstasi dengan berat 45,9 gram dan 531,42 gram ganja kering di halaman kantor Polres Tanjungpinang disaksikan Kapolres Tanjungpinang AKBP Patar Gunawan, Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Kasat Narkoba Polres Tanjungpinang AKP Soeharnoko dan Kapolsek Tanjungpinang Barat dan Kapolsek Tanjungpinang Kota dan lainnya.

Menurut Kapolres Tanjungpinang AKBP Patar Gunawan, 205 butir pil ekstasi dan bahan pembuat ekstasi dengan berat 45,9 gram yang dimusnahkan merupakan barang bukti atas penangkapan Ahok, pemilik pabrik pil ekstasi yang ditangkap di perumahan Nimas Indah KM 10 Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Sementara itu, ganja kering dengan berat 531,42 gram yang diamankan dari 7 tersangka, dan Ekstasi dari Chai Hock alias Ahong. Termasuk 170 butir ekstasi yang diamankan Satnarkoba dari tangan kurir asal Batam, serta termasuk narkoba dari bandar Rizaldi, Herry, Andak dan Aheng.

Kasat Narkoba Soeharnoko juga menambahkan, selain yang dimusnahkan, sejumlah barang bukti narkoba seperti 170 butir pil Metilon yang diamanakan dari tersangka Ahok, saat ini masih dijadikan barang bukti penuntutan Kejaksaan, dan tersangkanya dijerat dengan UU Kesehatan.

“Karena dari hasil test laboratorium menyatakan pil Metilon ituobat kuat yang juga mengandung ekstasi, tetapi belum terdaftar didalam UU Narkotika, makanya kita jerat pelaku dengan UU Kesehatan,” kata Soeharnoko.

Dengan tingginya, penangkapan tersangka dan barang bukti narkoba dari berbagai jenis ini, jelas Soeharnoko, semakin menguatkan fakta wilayah Tanjungpinang dan Bintan merupakan daerah transit sindikat internasional untuk mengirimkan barang haram tersebut ke sejumlah pulau dan luar daerah.

“Hal itu terbukti dari penangkapan 170 butir dari Pelabuhaan Domestik dan Pelabuhan Internasional beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Sedangkan Patar menambahkan, sejumlah pelabuhan tikus dan jalur TKI di Bintan dan Tanjungpinang, juga dicurigai menjadi titik masuk sejumlah barang haram tersebut dari luar negeri lalu dikeluarkan ke daerah luar.

Barang bukti dimusnahkan dengan dua cara yakni dibakar untuk narkoba jenis ganja kering,dan dilarutkan dalam air panas untuk 205 butir pil ectacy serta bahan pembuat ectacy. Selanjutnya, pemusnahan ini difoto untuk dijadikan barang bukti saat persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungpinang nanti.(Han/BT)

 

Check Also

yayasan al idris dalam tahap pengerjaan gedung.

Perdana, Besok Yayasan Al Idris Buka Pendaftaran Santri Baru

Bintan, sidaknews. com – Yayasan Al Idris Kepulauan Riau pada 18 Januari 2017 mulai membuka …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>