Jumat , 24 Maret 2017
Home » Berita Foto » Polres Tanjungpinang Serius Tangani kasus Ijazah

Polres Tanjungpinang Serius Tangani kasus Ijazah

Prof. DR. H. M. GALIB. M. MA
Prof. DR. H. M. GALIB. M. MA

Tanjungpinang, SidakNews: Hal ini diungkapkan oleh AKBP Patar Gunawan Kapolres Tanjungpinang melalui Kasat Reskrim AKP Adrian Memo kepada Sidak News 11/6, menurutnya, dalam waktu dekat ini, pihak penyidik akan berangkat ke Makasar.

Adapun tujuan ke Makasar adalah untuk mengumpulkan data-data dan mempertayakan sejauh mana kebenaran Ijazah yang dimiliki oleh Syaiful Bahri yang duduk sebagai anggota dewan di kota Tanjungpinang, penanganan kasus ini kita sangat serius, nantinya akan dipimpin oleh Saudara Evendri Ali Kaur Bin Ops Polres Tanjungpinang.

Masih menurut Kasat Reskrim, ada beberapa titik yang akan dijumpai nanti, selain pihak Kampus STAI DDI Polmas Polewali Mandar Sulawesi Barat termasuk Pihak Kopertais Wilayah VIII Makasar, sebab, Kopertais Wilayah VIII akan mengetahui segala permasalahan yang ada dibawah naunggan atau bimbingan mereka.

Menurut Kuncus Ketua Umum LSM ICTI-NGO Kepri, sesuai dengan keterangan yang di sampaikan oleh pihak Kopertais Wilayah VIII dengan melalui surat Nomor:KS.I/PP.00.9/055/2013 dalam surat dimaksud jelas menyebutkan, bahwa Ijazah bersangkutan yang dikeluarkan oleh STAI DDI Polmas Polewali Mandar Diduga dan diragukan keabsahannya.

Ada pun surat yang disampaikan oleh pihak Kopertais Wilayah VIII Makasar adalah sebagai berikut:

1). Mahasiswa An. Syaiful Bahri dengan NPM.0106210175 tidak terdaftar di Kopertais Wilayah VIII atau tidak bisa dilacak keberadaannya di Kopertais Wilayah VIII karena NIMKO (Nomor Induk Mahasiswa Kopertais) tidak dicamtumkan dalam Ijazah bersangkutan.

2).Pada Ijazah An.Saiful Bahri tidak dicantumkan Nomor SK Kementerian Agama RI tentang Status Izin Operasional STAI DDI Polman.

3).Tanggal SK BAN-PT tentang Status Akreditasi yang tertanggal 21 Juli 2000, padahal ijazah bersangkutan dikeluarkan pada tanggal 30 Juli 2005, itu berarti bahwa ijazah tersebut dikeluarkan setelah status akreditasi PTAIS tersebut kedaluwarsa.

4).Bersadarkan Edaran Dirjen Pendis kemenag RI Nomor Dt.II.III/PP.02.3/919/2003, ijazah yang diterbitkan oleh PTAIS yang telah memiliki izin penyelenggaraan pendidikan dari Ditjen Pendis Kemenag RI tidak lagi berkewajiban menandasahkan ijazahnya ke Kopertais, Akan tetapi sesuai dengan KMA Nomor 155 Tahun 2004, karena peran dan fungsi Kopertais sebagai perpanjangan tangan Ditjen Pendis Kemenag RI dalam rangka penga-wasan, pengendalian, dan pembinaan PTAIS, maka PTAIS masih tetap diawasi, dikendalikan, dan dibina dalam kelengkapan perguruan Tinggi, kegiatan Akedemik, Pengabdian masyarakat, Wisuda, dan sebagainya. Salah satu bentuknya adalah setiap mahasiswa PTAIS harus memiliki NIMKO (Nomor Induk Mahasiswa Kopertais).

Berdasarkan keempat hal tersebut di atas, maka kami dari pihak Kopertais Wilayah VIII tidak bertanggungjawab atas penerbitan ijazah An.Syaiful Bahri yang dikeluarkan oleh STAI DDI Polmas Pelewali Mandar pada tanggal 30 Juli 2005.(Redaksi)

 

Check Also

Para Pelajar Madina terdiri dari SD, SMP dan SMA terlihat memadati sisi kiri dan sisi kanan jalan untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi, jum'at (24/3).

Ribuan Pelajar di Madina Turun Kejalan Sambut Kedatangan Jokowi

Mandailing Natal, sidaknews.com – Ribuan Pelajar di Kabupaten Mandailing Natal, turun ke jalan sambut kedatangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>