Kamis , 23 Maret 2017
Home » Berita Foto » Polri Selidiki Kata”Pecundang” Dari FPI Untuk SBY

Polri Selidiki Kata”Pecundang” Dari FPI Untuk SBY

polri-selidiki-kata-pecundang-dari-fpi-untuk-sby2Jakarta. Mabes Polri ikut bereaksi atas pernyataan Ketua FPI Habib Rizieq yang menyebut Presiden Susilo Bambang Yuhdoyono (SBY) seorang pecundang.

Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo  mengaku telah memerintahkan Kabareskrim segera membentuk tim untuk menyelidiki hal itu.

“Polri sudah membentuk tim penyelidikan yang menilai perkataan yang mungkin saja bernuansa pidana. Pasal apa pasal apa yang bisa dikenakan bergantung dari fakta. Tim penyelidik kini tengah bekerja keras,” tegas Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Ronny F Sompie di kantornya, Jakarta, Kamis (25/7).

Menurutnya, tahap penyelidikan dimulai dari pengumpulan ucapan-ucapan yang dinilai Polri sebagai penghinaan terhadap Presiden. Namun belum dijelaskan mana yang dimaksud Polri dengan kata penghinaan terhadap SBY.

“Perkataan melalui media massa terhadap kepala negara menjadi bahan penyelidikan. Semua media cetak, elektronik termasuk media sosial menjadi bagian yang diselidiki. Kita akan melihat undang-undang mana yang mengatur tentang adanya pelanggaran apakah itu penghinaan atau perbuatan tidak menanyakan,” lanjutnya.

Dia mengatakan, untuk memproses hal ini, Presiden tidak diwajibkan untuk melaporkan terlebih dahulu kepada Polri. Meskipun KUHP tentang penghinaan terhadap kepala negara telah dihapus, Polri merasa perlu memberikan dukungan terhadap pejabat negara.

“Apakah delik aduan atau delik biasa, Polri tidak menunggu laporan karena ini menyangkut pimpinan tertinggi. Kita tidak menunggu perintah langsung menyelidiki,” tutupnya.Sumber Merdeka.com

Check Also

Peneliti Jaringan Survei Inisiatif, Aryos Nivada

Aryos: Sengketa Hasil Pilkada Kewenangan MK, Bukan Wewenang Mahkamah Internasional

Banda Aceh, sidaknews.com – Menyikapi statemen dari Bale Seumike Aneuk Nanggroe (BESAN) yang mengancam akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>