Jumat , 26 Mei 2017
Home » Berita Foto » Ponpes Jama’athut Tullab Peringati Maulid Dan Temu Ramah Ribuan Alumni

Ponpes Jama’athut Tullab Peringati Maulid Dan Temu Ramah Ribuan Alumni

Pimpinan Pesantren (Ponpes) Jama’athut Tullab Tgk. H. Sofyan Mahdi atau Abon Arongan (dudk) Sambil Menyapa Semua Tamu Yang Datang (Foto, TARMIZI A. GANI)
Pimpinan Pesantren (Ponpes) Jama’athut Tullab Tgk. H. Sofyan Mahdi Atau Abon Arongan (duduk) Sambil Menyapa Semua Tamu Yang Datang (Foto, TARMIZI A. GANI)

Bireuen, Sidaknews.com – Sejak didirikan 43 tahun yang lalu, Pondok Pesantren (Ponpes) Jama’athut Tullab, pimpinan Tgk. H. Sofyan Mahdi atau Abon Arongan di Desa Arongan Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen hingga kini telah melahirkan ribuan alumni.

“Banyak alumni di pesantren kita yang telah menjadi pimpinan pesantren dan pimpinan balai pengajaian di daerah lain,” ucap Ketua Panitia Pelaksana Perayaan Maulid, Reuni, dan Ulang Tahun Ponpes Jama’athut Tullab, Tgk. Syeh Marhaban Abon Sofyan kepada penulis, Sabtu (7 Februari 2015).

Pada perayaan serangkaian kegiatan dimaksud, Marhaban menjelaskan, selain di Aceh, alumni ponpes ini juga sebagian diantara mereka sudah berdomilisi di Pulau Jawa dan ada yang sudah menetap di Malaysia.

“Tetapi pada hari ini mereka (para alumni—red) banyak yang datang,” terangnya.

Menurutnya, Ponpes Jama’athut Tullab hingga kini masih menggunakan konsep pendidikan pesantren salafi, namun melalui Yayasan Jama’athut Tullab, juga sudah mendirikan SMA dan SMP, sehingga sebagian santri juga menjadi pelajar.

“Sekarang masih ada santri sekitar 1.400 santri, laki-laki 800 orang dan perempuan 800 orang santri. Tetapi tidak semua santri menjadi siswa SMA atau SMP,” ucap Marhaban di sela-sela peringatan Maulid kepada penulis. (Tarmizi A. Gani)

Check Also

Desa Paya Bujok Beuramoe Khitan Anak Kurang Mampu

Langsa, sidaknews.com – Sedikitnya 20 orang anak dari keluarga yang kurang mampu di desa Paya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *