Home » Berita Foto » Potret Memilukan Dunia Pendidikan di Karawang

Potret Memilukan Dunia Pendidikan di Karawang

Siswa siswi belajat di Lantai
Potret Pendidikan di Kabupaten Karawang, Siswa siswi masih ada yang belajar  di luar ruangan kelas.

KARAWANG,Sidaknews.com – MIRIS … kata itulah yang pantas ditujukan jika melihat potret memilukan dunia pendidikan Kabupaten Karawang. Selama empat tahun, puluhan murid SDN Kertamulya II Kecamatan Pedes, Karawang Jawa Barat, harus menjalani proses belajar mengajar di teras kelas secara lesehan.

Bukan disengaja, kondisi ini justru dilakukan lantaran mereka tidak memiliki ruang kelas. Sementara dari total enam ruang kelas yang ada, tiga diantaranya dipakai untuk ruang guru, dapur dan musola.

Parahnya, berdasarkan pantauan sidaknews.com Selasa (15/4) siang, tak hanya harus duduk lesehan dan belajar di teras kelas sekolah, para murid ini pun harus melepaskan sepatu yang dipakainya saat hendak mengikuti proses pengajaran.

Namun meski demikian, para murid tersebut seakan menikmati proses pembelajaran. Rata-rata dari mereka terlihat ceria dan begitu bersemangat menjalani proses pembelajaran yang diberikan oleh para gurunya.

Seperti yang diungkapkan Mia, seorang murid kelas II SD Kertamulya II, dirinya merasa senang dengan kondisi pembelajaran tersebut. Dikatakan dia, sejak masuk sekolah tersebut, dirinya sudah belajar di teras kelas secara lesehan. “Biasa saja.

Saya senang kok. Tapi kalau hujan, terpaksa kami tidak bisa belajar karena air hujan masuk ke teras. Buku saya juga sering basah dan diganti lagi karena kehujanan,” ujarnya kepada sidaknews.com dengan wajah polos.

Kondisi murid belajar di teras kelas secara lesehan, juga dibenarkan pihak sekolah terkait. Kepala SDN Kertamulya II, Eny Yati. Ia mengatakan, kondisi ini sudah terjadi sejak empat tahun lalu. Pihaknya tidak bisa menyediakan kelas buat sebagian murid lantaran ketidakadaan ruangan. Dari total enam ruangan yang ada di sekolah tersebut, kata dia, tiga diantaranya dipakai untuk ruang guru, dapur dan musola.

Kondisi Sekolah
Kondisi Sekolah SDN Kerta Mulya II Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang.

“Bukan kami diam dan tak melakukan upaya apa-apa atas kondisi ini. Kami sudah mengajukan permohonan bantuan kepada Pemkab Karawang dan Pemprov Jabar. Namun semuanya belum juga mendapat tanggapan,” ujarnya.

Yang lebih parah dari kondisi ini, lanjut Eny, saat hujan turun, para murid yang belajar di teras sekolah itu terpaksa tidak bisa melakukan proses belajar. “Guyuran hujan selalu masuk ke dalam teras hingga membasahi semua ruangan. Jika sudah seperti itu, kami terpaksa menghentikan proses belajar mengajar,” lanjutnya.

Diakui Eny, kondisi belajar mengajar seperti ini sangat tidak efektif. Hal ini, kata dia, sangat berpengaruh pada mutu dan kualitas pendidikan yang terjadi di SDN Kertamulya II. “Tapi mau bagaimana lagi, kita sudah berusaha. Dan inilah hasilnya,” katanya.(ega nugraha)

Check Also

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menaiki becak motor menuju gedung

Sah! Kapolri Dianugerahkan Gelar Datok Perdana Satria Wangsa

Tanjungpinang, sidaknews.com –  Kapolri Jenderal Tito Karnavian resmi dianugerahi gelar kehormatan Datok Perdana Satria Wangsa …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>